Teknik Industri - Universitas Trisakti

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Trisakti
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Alamat Sekretariat : Gedung Hery Hartanto, Lantai 5 Kampus A, Universitas Trisakti Jl. Kyai Tapa No. 1 Grogol Jakarta Indonesia
Kode Pos : 11440
Telp : (62-21) 5663232 Ext. 407, 419    Telp2 :
Fax : (62-21) 5605841    Fax2 :
Website : www.trisakti.ac.id/fti/industri
Nama Kepala Program Studi : Triwulandari S.D, Ir, MM

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Jurusan Teknik Industri merupakan salah satu jurusan yang bernaung dibawah Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti. Jurusan Teknik Industri berdiri atas dasar surat keputusan Kopertis Wilayah III No. 007/KOP/III/S/84, pada bulan April 1984. Status ‘Terdaftar' diperoleh pada tahun 1987, berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0827/0/1987. Empat tahun kemudian, dengan diterbitkannya SK Menteri Depdikbud No. 0643/0/1991, Jurusan Teknik Industri memperoleh status ‘Diakui'. Selanjutnya, pada tanggal 16 Agustus 1993, dengan SK Dirjen DIKTI No 494/DIKTI/Kep/1993 diperoleh status ‘Disamakan'.

Pada tahun 1998, sebagai hasil evaluasi lima tahun pertama yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), Jurusan Teknik Industri memperoleh Sertifikasi dengan Akreditasi A Plus (Pembina). Hal ini tertuang dalam SK BAN Perguruan Tinggi No. : 001/BAN-PT/Ak-1/VIII/1998, tertanggal 11 Agustus 1998. Saat ini, berdasarkan hasil evaluasi lima tahun kedua yang dilakukan oleh BAN Perguruan Tinggi, Jurusan Teknik Industri memperoleh Sertifikasi dengan Akreditasi A (Sangat Baik). Hal ini tertuang dalam SK BAN Perguruan Tinggi No. 012/BAN-PT/Ak-1/S1/VII/2003, tertanggal 9 Juli 2003.

Hingga akhir semester Genap Perode II Tahun Akademik 2006/2007, Program Studi Teknik Industri, Universitas Trisakti telah memiliki alumni sebanyak 4165 orang, sedangkan mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Industri, saat ini berjumlah 1167 mahasiswa.
Visi Menjadi Jurusan Teknik Industri terkemuka di Asia Tenggara dalam menghasilkan Lulusan, Penelitian, Penerapan Hasil Penelitian dan Keilmuan, serta menjadi Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknik Industri yang Berwawasan Kewirausahaan.

Melalui visi ini diharapkan program studi Teknik Industri dapat menjadi ujung tombak pengembangan insan Teknik Industri Indonesia yang memiliki wawasan kewirausahaan serta wawasan kebangsaan sehingga mampu memperkuat ketahanan nasional.
Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan program Sarjana Teknik Industri yang berorientasi pada pemecahan masalah dan memiliki wawasan kewirausahaan dalam bidang teknik industri.
  • Menyelenggarakan program Magister Teknik Industri yang berorientasi pada Kajian Sistem dan Strategi Industri.
  • Mengembangkan strata pendidikan dan ilmu pengetahuan Teknik Industri secara berkelanjutan agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Melaksanakan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang bertaraf nasional dan internasional.
  • Menerapkan hasil penelitian yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Mengembangkan sumber daya secara berkesinambungan.
  • AKREDITASI PROGRAM STUDI

    Akreditasi A

    BIAYA KULIAH

    Biaya Rata – rata per semester

    INFORMASI BEASISWA

    FASILITAS

    Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
    Fasilitas Program Studi
  • laboratorium analisa perancangan kerja & ergonomi
  • laboratorium STATISTIK INDUSTRI
  • laboratorium KOMPUTASI INDUSTRI
  • STUDIO MANAJEMEN INDUSTRI
  • laboratorium SISTEM PRODUKSI