Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia & Daerah - Universitas Sanata Dharma

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sanata Dharma
Nama Fakultas : Pendidikan
Alamat Sekretariat : Kampus Mrican, Jl. Gejayan, Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta
Kode Pos : 55002
Telp : (0274) 513301    Telp2 : (0274) 5153552
Fax : (0274) 562383    Fax2 : (0274) 518913
Email : ppmb@staff.usd.ac.id
Website : www.usd.ac.id
Guru Guru Besar : Drs. J. Prapta Diharja, S.J., M.Hum.

Dra. Yuliana Setiyaningsih, M.Pd.

Dr. B. Widharyanto, M.Pd.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (PBSID) diselenggarakan oleh Universitas Sanata Dharma sejak 1 September 1963. Dalam kurun waktu 40 tahun, Program Studi ini telah menghasilkan lulusan sebanyak 1964 (Seribu Sembilan Ratus Enam Puluh Empat) dengan kualifikasi sarjana, sarjana muda, maupun diploma yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun 2003 ini status Program Studi PBSID adalah TERAKREDITASI dengan kualifikasi A.
 
Tujuan
Dengan memadukan keunggulan akademik dan nilai-nilai humanistik, Program Studi PBSID bertujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan profesional di bidang kependidikan bahasa dan non-kependidikan, khususnya jurnalistik dan Pengajaran BIPA, yang dilandasi oleh nilai-nilai Kristiani yang universal dan cita-cita kemanusiaan.
   
Prospek Kelulusan
Peluang pekerjaan bagi lulusan PBSID terutama adalah menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia di SMU, SMK, SLTP. Lulusan PBSID dapat juga menjadi salah satu dari profesi berikut:
  •  
pengajar atau instruktur bahasa dan sastra Indonesia bagi penutur asing (BIPA), baik di Indonesia maupun di luar negeri
  •  
pengelola kursus BIPA
  •  
perancang program pembelajaran bahasa Indonesia untuk tujuan khusus di perusahaan dan lembaga pendidikan
  •  
penulis buku teks bahasa Indonesia
  •  
kolumnis, editor penerbitan, wartawan atau jurnalis media cetak dan elektronik
  •  
dan tidak sedikit yang mengembangkan diri dalam bidang kehumasan dan studi lanjut S2 untuk menjadi dosen di Perguruan Tinggi
   
Program Unggulan
Dalam rangka mengantisipasi kebutuhan dunia kerja yang bersifat global, Program Studi PBSID menawarkan dua program unggulan, yaitu Paket Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Paket Jurnalistik. Paket BIPA memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki keahlian sebagai pengajar atau instruktur bahasa Indonesia bagi penutur asing, pengelola kursus, perancang program pembelajaran, atau penyusun buku pembelajaran bahasa, sedangkan Paket Jurnalistik memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki keahlian sebagai kolumnis, jurnalis media massa cetak dan elektronik, atau editor penerbitan majalah dan buku.
 
Lama Studi
Kuliah dengan sistem kredit dan penyusunan skripsi dapat ditempuh + 8 semester. Masa studi tersebut dapat dipercepat karena Prodi PBSID menawarkan Semester Pendek (Semester Antara).

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 100.000
Per Semester / Per SKS Uang Sumbangan Rp 7.500.000, SPP: Rp 1.350.000, SKS: Rp 110.000

INFORMASI BEASISWA

Kesejahteraan dan Beasiswa
Untuk membantu kesejahteraan mahasiswa disediakan perawatan kesehatan yang berupa: asuransi dan bantuan perawatan kesehatan, poliklinik, pelayanan rohani, dan pelayanan psikologi. Selain itu, ada berbagai macam beasiswa yang ditawarkan, antara lain: Beasiswa Sanata Dharma & Bantuan Khusus, Beasiswa KWI, Supersemar, Lippo Bank, Bank Niaga, Bantuan Penyusunan Skripsi, Peningkatan Prestasi Akademik, Asuransi Bumi Asih, Yayasan Toyota-Astra, Yayasan Salim, Dana Van Lith.

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi Kegiatan Mahasiswa
Disediakan berbagai wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas mahasiswa, antara lain: Teater, UKM Pramuka, Korps Sukarela, Penerbitan Kampus, Penalaran, Fotografi, Kesenian, Bela Diri, Pengembangan Keterampilan, Olah Raga, Mapasadha, Koperasi Mahasiswa, Menwa, Paduan Suara Mahasiswa, dan Kerohanian.

Selain itu:
1 Tempat kuliah yang nyaman di Kampus I 
2 Perpustakaan
3 Ruang Baca di Perpustakaan 
4 Fasilitas pendukung lain, yaitu Workstation, akses internet, Laboratorium bahasa, Laboratorium Jurnalistik dan BIPA, sekolah tempat praktek, Laboratorium Micro Teaching, dan penerbitan majalah.
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing Kerjasama
Program Studi PBSID menjalin kerja sama dengan banyak pihak, misalnya lembaga pendidikan sekolah, perusahaan dan dunia industri. Bentuk kerja sama, antara lain: memberikan konsultasi, penelitian persekolahan, penelitian pengembangan, perancangan program pelatihan untuk karyawan maupun instruktur, penyusunan modul-modul pembelajaran untuk karyawan, dan penyediaan tenaga instruktur bahasa, praktik lapangan dan magang bagi mahasiswa, penyegaran dan peningkatan kualitas SDM lembaga pendidikan maupun perusahaan. Beberapa mitra kerjasama PBSID adalah PT. Freeport Indonesia, PT. Gramedia, BBC London, Kompas, dan Harian Bernas Yogyakarta.