Teknik Industri - Universitas Bina Nusantara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Bina Nusantara
Nama Fakultas : Sains dan Teknologi
Alamat Sekretariat : Kampus Syahdan: Jln K.H Syahdan 9, Kemanggisan, Palmerah
Kode Pos : 11480
Telp : 021 - 5345830    Telp2 : 021 - 5340660
Fax : 021 - 5300244    Fax2 : -
Email : pmb@binus.ac.id
Website : http://www.binus.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Ketut Gita Ayu, MSIE
Guru Guru Besar : -
Jumlah Mahasiswa : -
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : -
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : -

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Teknik Industri adalah cabang dari Ilmu Teknik yang mempelajari bagaimana menjelaskan, mengevaluasi, mendesain, memodifikasi, mengontrol dan meningkatkan performa dari suatu sistem yang terintegrasi yang terdiri dari manusia, material dan teknologi, yang mengikuti perubahan dan dalam konteksnya yang relevan. Teknik Industri adalah unik dan merupakan gabungan dari ilmu matematika, fisika dan pengetahuan teknik yang fundamental dengan prinsip-prinsip dan metode-metode dari desain dan analisis keteknikan. Teknik Industri mengidentifikasi manusia sebagai pusat kontribusi yang melekat pada suatu sistem yang kompleks. Pada saat ini globalisasi yang telah menyentuh lebih banyak kepada Industri Jasa di dunia, yang mana akan meningkatkan permintaan terhadap lulusan Teknik Industri. Struktur kurikulum Teknik Industri di BINUS UNIVERSITY dirancang untuk mengadaptasi pergerakan dari globalisasi dan dibuat berdasarkan kebutuhan dunia global.

Program pembelajaran menekankan terhadap aplikasi dari ilmu keteknikan yang fundamental yang dipadukan dari teori, perancangan dan pengalaman. Aplikasi-aplikasi komputer terintegrasi di seluruh kurikulum. Departemen Teknik Industri memberikan fleksibilitas kepada mahasiswanya lebih luas dan lebih dalam untuk mempelajari topik-topik yang berhubungan dengan ketiga konsentrasi yang dibuat : Supply Chain Management, Service System Engineering and Manufacturing System.

Beberapa mata kuliah inti tidak hanya bersifat teoritis, namun juga dijelaskan bagaimana cara penerapannya dalam sebuah analisis studi waktu. Fasilitas-fasilitas pada Departemen Teknik Industri terpelihara dengan baik pada area-area seperti computer graphics, computer integrated manufacturing, industrial system design dan human performance. Laboratorium dan Studio dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa selama kegiatan perkuliahan tanpa batasan seperti Laboraturium Komputer, Teknologi Proses, Menggambar Teknik, Statistik Industri, Pemodelan Sistem dan Simulasi, Studi Kelayakan Pabrik, Perancangan Tata Letak Pabrik, Perencanaan dan Pengendalian Produksi serta Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi.

Visi

Tujuan Umum
Tujuan utama dari program Teknik Industri di BINUS UNIVERSITY adalah meyiapkan mahasiswa sebuah pendidikan tinggi dan penelitian yang relevan yang dapat meningkatkan kapabilitas, motivasi, nuansa akademis, etos kerja dan menyiapkan mereka agar dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan serta mengembangkan model kepemimpinan di dunia bisnis, industri dan pemerintahan.

Tujuan Khusus
Secara spesifik, perkuliahan di Jurusan Teknik Industri BINUS UNIVERSITY dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai sebuah pemahaman tentang teknologi di beberapa kompetensi berikut ini :

  • Kompetensi yang tinggi ketika mereka memasuki profesi keteknik-industrian atau profesi-profesi lainnya sehingga membantu memberikan keuntungan bagi masyarakat, para pekerjanya termasuk dirinya sendiri.
  • Secara luas dapat mengaplikasikan pengetahuan dari bidang matematika, sains, ilmu sosial, analisis rekayasa dan teknik-teknik yang fundamental termasuk penggunaan teknologi informasi untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan keteknikindustrian.
  • Dapat menggambarkan, menganalisis, mendesain, meningkatkan dan mentransformasikan suatu sistem yang kompleks yang terdiri dari manusia, proses dan teknologi yang sesuai dengan kepentingan ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etika, kesehatan dan keselamatan kerja, kemampuan manufaktur dan lainnya.
  • Dapat melanjutkan untuk meningkatkan kemampuan mereka melalui program-program profesional ataupun pendidikan yang lebih tinggi.
  • Integritas individu dan jiwa kepemimpinan yang kuat, etika profesional, memiliki kemampuan untuk memimpin dan bekerjasama dengan para ahli di bidang lainnya.
  • Berkomunikasi secara efektif
  • Memiliki wawasan yang luas tentang kemuktakhiran Ilmu melalui program riset dan pengembangan.
  • Memahami pengaruh solusi yang diberikan oleh Ilmu Keteknikan dalam konteks global dan sosial termasuk isu lingkungan dan keselamatan kerja.
  • Menerapkan teknik-teknik dan analisis-analisis terbaru dalam Teknologi Manufaktur Modern yang mana hal tersebut dibutuhkan oleh Jurusan Teknik Industri dalam melaksanakan pekerjaannya.
  • Misi -

    AKREDITASI PROGRAM STUDI

    Akreditasi B
    Peringkat Program Studi -
    Informasi Sertifikat dan ISO lainnya

    Sertifikat ISA-9001

    BIAYA KULIAH

    Biaya Rata rata per semester

    Pendaftaran 16 Maret - 14 Mei 2009 dan untuk Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru di Luar Jakarta : 1 April - 20 Mei 2009
    Per Semester / Per SKS Biaya Sumbangan : rp. 9.000.000 - Rp.14.400.000, Biaya BP3 : Rp.4.300.000, Biaya SKS/semester : @ Rp.140.000 X 20 SKS,, Biaya Peralatan : Rp.2.200.00

    INFORMASI BEASISWA

    PROGRAM BEASISWA
    BINUS UNIVERSITY
    mempunyai program beasiswa yang diberikan bagi calon mahasiswa serta mahasiswa aktif yang memiliki prestasi akademis yang baik pada semester yang ditentukan.


    TABEL BEASISWA BINUS UNIVERSITY TAHUN AKADEMIK 2009/2010
    Kriteria Beasiswa Prestasi Sekolah Beasiswa Prestasi Olah Raga dan Seni Beasiswa USM(Ujian Saringan Masuk) Beasiswa Internasional
    Gelombang Pendaftaran 1, 2, 3  & Luar Jakarta 1, 2, 3  & Luar Jakarta Semua gelombang Jakarta & Luar Semua gelombang Jakarta & Luar
    Syarat
    • Ranking 1 - 3 selama SMTA
    • Nilai rata-rata rapor setiap semester ≥ 7,5 selama SMA
    Prestasi olahraga atau kesenian yang dilombakan minimal pada tingkat nasional
    • Memenuhi syarat pendaftaran  mahasiswa baru
    Tidak melalui pendaftaran khusus beasiswa sebelumnya
    Prestasi sebagai juara dalam kompetisi tingkat internasional
      Dokumen Tambahan Khusus Beasiswa   Rekomendasi Kepala Sekolah mengenai prestasi yang dicapai dilampiri Fotokopi Raport   Rekomendasi  instansi nasional mengenai prestasi yang pernah dicapai   Tidak ada   Piagam atau sertifikat juara dalam kompetisi tingkat internasional
      Ujian Saringan   Tidak Ikut   Tidak Ikut   Ikut   Tidak Ikut

    Batas Akhir Pendaftaran untuk Program Beasiswa :

  • Gelombang 1 : 13 November 2008
  • Gelombang 2 : 14 Januari 2009
  • Gelombang 3 : 4 Maret 2009
  • Gelombang Luar Jakarta 1 : 26 November 2008
  • Gelombang Luar Jakarta 2*) : 04 Februari 2009

    BINUS UNIVERSITY juga menjalin kerjasama Beasiswa Jalur PMDK dengan Sekolah-sekolah khusus yang telah ditentukan oleh pihak BINUS UNIVERSITY

    Kriteria Jalur PMDK antara lain:

  • Gelombang Pendaftaran : 1, 2 & Luar Jakarta
  • Syarat : Setiap sekolah dapat mengirimkan maksimal 5 orang calon untuk diseleksi
    Ranking 1 - 5 selama SMTA atau Nilai rata-rata rapor setiap semester >= 7,5
    Lulus wawancara dengan Ketua Jurusan
  • Dokumen Tambahan Khusus PMDK : Rekomendasi Kepala Sekolah mengenai Minat dan Keahlian serta prestasi yang pernah dicapai
  • Keuntungan : Jika diterima pada jenis PMDK-1 : bebas Ujian Saringan Masuk dan bebas Biaya Sumbangan (DP3)
  • Jika diterima pada jenis PMDK-2 : bebas Ujian Saringan Masuk dan membayar Biaya Sumbangan (DP3) Rank 1
  • Batas Akhir Pendaftaran : Gelombang 1 : 6 November 2008
    Gelombang 2 : 5 Januari 2009
    Gelombang Luar Jakarta 1 : 6 November 2008
    Gelombang Luar Jakarta 2*) : 15 Januari 2009
  • Seleksi Wawancara : Gelombang 1 : 10 November 2008
    Gelombang 2 : 8 Januari 2009
    Gelombang Luar Jakarta 1 : 10 November 2008
    Gelombang Luar Jakarta 2*) : 19 Januari 2009
  • Pengumuman Penerimaan PMDK Gelombang 1 : 19 November 2008
    Gelombang 2 : 14 Januari 2009
    Gelombang Luar Jakarta 1 : 26 November 2008
    Gelombang Luar Jakarta 2*) : 04 Februari 2009
  • FASILITAS

    Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris.
    Fasilitas Program Studi

    Fasilitas-fasilitas pada Departemen Teknik Industri BINUS UNIVERSITY antara lain :

  • computer graphics,
  • computer integrated manufacturing,,
  • industrial system design dan human performance.,
  • Laboratorium dan Studio : dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa selama kegiatan perkuliahan tanpa batasan seperti Laboraturium Komputer, Teknologi Proses, Menggambar Teknik, Statistik Industri, Pemodelan Sistem dan Simulasi, Studi Kelayakan Pabrik, Perancangan Tata Letak Pabrik, Perencanaan dan Pengendalian Produksi serta Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi.
  • Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

    BINUS UNIVERSITY bekerjasama dengan Intitusi Pendidikan diantaranya :

  • Politeknik Manufaktur Astra, bekerjasama dalam bidang Penyelenggaraan Program Studi S1 Ekstensi Teknik Industri Peminatan Manajemen Manufaktur untuk lulusan D3 Teknik Manufaktur
  • Politeknik Manufaktur Astra, bekerjasama dalam bidang Penyelenggaraan Program Studi S-1 Ekstensi Teknik Industri Peminatan Rekayasa Dan Manajemen Kualitas Untuk Lulusan D-3 Teknik Manufaktur
  • Selain bekerjasama dengan Instansi Pendidikan, BINUS UNIVERSITY juga melakukan kerjasama dengan beberapa Organisasi diantaranya:

  • Badan Kerjasama Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI), Koordinator Wilayah DKI Jakarta, bekerjasama dalam bidang Pengelolaan Jurnal Teknik Industri