Pendidikan Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sanata Dharma
Nama Fakultas : Pendidikan
Alamat Sekretariat : Kampus Mrican, Jl. Gejayan, Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta
Kode Pos : 55002
Telp : (0274) 513301    Telp2 : (0274) 5153552
Fax : (0274) 562383    Fax2 : (0274) 518913
Email : ppmb@staff.usd.ac.id
Website : www.usd.ac.id
Guru Guru Besar :   Yohanes Ha

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Status
Pada Waktu berdirinya (1958) Program Pendidikan Ekonomi menggunakan nama Jurusan Ilmu Ekonomi FKIP Sanata Dharma. Jurusan Ilmu Ekonomi memperoleh status “disamakan “ pada tanggal 11 Juli 1962. Status disamakan ditetapkan kembali pada tanggal 1 September 1965 dan pada tahun 1981. Selanjutnya berdasarkan keputusan Mendikbud RI tanggal 28 Januari 1985 jurusan Ilmu Ekonomi diganti nama menjadi Jurusan Pendidikan Dunia Usaha (PDU) yang memiliki Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi (PEK) dan Prodi Pendidikan Akuntansi (PAK) keduanya memiliki status disamakan.
Sejak IKIP Sanata Dharma menjadi Universitas tahun 1993 Prodi Pendidikan Ekonomi Koperasi (PEK) dan Prodi Pendidikan Akuntansi (PAK) berada di bawah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terakreditasi oleh BAN-PT berdasarkan surat yang bernomor 00821 / AK 1.1/ USDPQU/VIII/1998 dengan nilai Baik (B).
Tahun 1999, berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 143/DIKTI/Kep/1999 tentang Penataan Prodi nama Prodi Pendidikan Ekonomi Koperasi dan Prodi Pendidikan Akuntansi diganti dengan nama Prodi Pendidikan Ekonomi (PE) Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Ekonomi Koperasi (PEK) dan Bidang Keahlian Khusu Pendidikan Akuntansi (PAK) . Pada bulan Agustus tahun 2003 Prodi Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Ekonomi Koperasi telah selesai melaksanakan proses akreditasi ulang dari BAN dan masih menunggu hasilnya.

Bidang kerja yang dapat dimasuki dari lulusan Pendidikan Ekonomi Kopersi adalah:

  • Bidang Kerja Keguruan dan Kependidikan: Guru Ekonomi dan Akuntansi SLTA, Guru Ekonomi SLTP, Tenaga kependidikan non keguruan baik di instansi pemerintah maupun swasta;
  • Bidang Dunia Usaha dan Dunia Industri: Pemasaran, Personalia, Akuntansi, Penelitian dan Pengembalian.
Dalam bidang penyediaan tenaga kerja keguruan dengan spesialisasi ekonomi maka prodi ini merupakan satu-satunya prodi swasta yang ada di DIY, sementara itu permintaan guru ekonomi terus ada. Setiap lulusan selain mendapat Ijazah juga akan mendapatkan Akta IV yang memberikan kewenangan untuk mengajar. Kurikulum Prodi PEK juga dirancang untuk setiap lulusan dapat bekerja di dunia industri atau dunia usaha terutama dalam bidang pemasaran, personalia, akuntansi, penelitian, dan pengembangan.
Visi Membangkitkan dan mengembangkan potensi generasi muda agar mampu berpartisipasi aktif dan kreatif dalam membangun masyarakat pluralistik yang adil dan demokratik sesuai dengan bidang keahliannya, yang dilaksanakan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta visi kristiani mengenai martabat manusia.
Misi
  • Menyediakan bagi masyarakat tenaga kependidikan dan non-kependidikan di bidang ekonomi yang professional, dewasa secara spiritual, moral, intelektual, sosial, dan emosional, serta yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi;
  • Menyelenggarakan pendidikan yang humanis dengan semangat dialogis;
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, sekaligus membantu mahasiswa untuk mengembangkan kepekaan dan kepedulian sosialnya;
  • Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi demi pengembangan martabat manusia.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 100.000
Per Semester / Per SKS Uang Sumbangan Rp 7.500.000, SPP: Rp 1.350.000, SKS: Rp 110.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi
1 Tempat kuliah yang nyaman di Kampus I 
2 Pusat Simulasi Bisnis dan Koperasi (PSBK) yang menjadi tempat praktik bagi mahasiswa PE di bidang akuntansi, manajemen, perpajakan, perkoperasian, penelitian dan pengajaran.
3 Perpustakaan Pusat modern empat lantai ber-AC yang dikelola dengan sistem komputer dan dilengkapi dengan 60 unit work station untuk kegiatan produktif mahasiswa, seperti mengetik makalah, skripsi, dan mengakses informasi melalui internet.
4 Beasiswa dan Bantuan Khusus bagi para mahasiswa yang berprestasi.
5 Laboratorium Komputer