Teknik Elektro - Universitas Trisakti

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Trisakti
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Alamat Sekretariat : Gedung E, Lantai 4
Kampus A, Universitas Trisakti
Jl. Kyai Tapa No. 1
Grogol
Jakarta
Indonesia
Kode Pos : 11440
Telp : (62-21) 5663232 Ext. 413    Telp2 :
Fax : (62-21) 5605841    Fax2 :
Website : http://www.trisakti.ac.id/fti
Nama Kepala Program Studi : Ir. Chairul G. Irianto, MS

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Berdirinya Jurusan Teknik Elektro adalah berkaitan dan tak terpisahkan dari sejarah berdirinya Universitas Res Republika.

Berdasarkan surat keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 013/dar/Tahun 1965, tanggal 15 Nopember 1965, Universitas Res Republika dibuka dengan mengganti namanya menjadi Universitas Trisakti, yaitu Universitas baru yang berlandaskan Pancasila.

Pada saat pendirian Universitas Trisakti tersebut, Departemen Elektro berada di bawah Fakultas Teknik bersama 3 departemen teknik lainnya, yaitu Mesin, Sipil, dan Arsitektur.

Pada periode 1966-1967 ijazah Sarjana Muda Lengkap dan Sarjana Lengkap Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro telah berstatus DIAKUI.

Pada tahun 1972 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro mengalami peningkatan status dari status DIAKUI menjadi DISAMAKAN untuk ijazah Sarjana LENGKAP melalui surat keputusan Menteri P dan K No. 090/u/1972 tanggal 8 Juni 1972.

Pada tahun 1983 mulai diterapkan SKS dan Fakultas Teknik USAKTI dikembangkan menjadi 2 Fakultas yaitu FTSP dan FTI, di mana Jurusan Teknik Elektro berada di bawah FTI bersama dengan Jurusan Teknik Mesin, Geologi dan Perminyakan.

Pada tahun 1984 Jurusan Teknik Geologi dan Perminyakan me-misahkan diri dari FTI dengan membentuk FTM (Fakultas Teknologi Mineral) dan di FTI lahir Jurusan baru sehingga menjadi Jurusan Teknik Mesin, Elektro, dan Industri tahun bertambah lagi satu Jurusan yaitu Jurusan Teknik Informatika berdirinya pada tahun 1996.

Pada tahun 1984 itu juga Jurusan Teknik Elektro FTI USAKTI memperoleh predikat sebagai Jurusan terbaik ke-2 di lingkungan Kopertis Wilayah III.

Pendidikan dan pengajaran di Jurusan Teknik Elektro FTI USAKTI pada saat mula-mula didirikan diklasifikasikan menjadi dua pengutamaan studi yaitu:

a. Teknik Tenaga Listrik (Arus Kuat)
b. Teknik Telekomunikasi dan Elektronika (Arus Lemah).

Pada tahun Akademik 1984/1985 untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan tuntutan jaman, maka Jurusan Teknik Elektro mengembangkan satu program studi yang baru yaitu komputer dan otomatika, sehingga pengutamaan studinya menjadi 3, yaitu:

Teknik Tenaga Listrik
Teknik Telekomunikasi dan Elektronika
Komputer dan Otomatika.

Sedangkan sejak tahun 1996 Jurusan Teknik Elektro dikembangkan lagi sehingga mempunyai 5 macam konsentrasi, yaitu:

Teknik Tenaga Listrik (A)
Teknik Telekomunikasi (B)
Teknik Kontrol (C)
Teknik Elektronika (D)
Teknik Sistem Komputer (E)
Visi Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang Teknik Elektro, serta membekali lulusan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi sarjana terkemuka di bidang pekerjaan baik di dalam maupun di luar negeri ataupun untuk meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menimba ilmu pengetahuan di bidang penelitian.
Misi Membekali lulusan dengan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk dapat mengembangkan kreativitas merancang dan mengambil keputusan dalam bidang industri, pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi
  • laboratorium ELEKTRONIKA
  • laboratorium KOMPUTER
  • laboratorium Konversi Energi
  • laboratorium MESIN-MESIN LISTRIK
  • laboratorium PENGUKURAN LISTRIK
  • laboratorium SISTEM PENGATURAN
  • laboratorium TEKNIK TEGANGAN TINGGI
  • laboratorium TELEKOMUNIKASI