Teknik Makatronika - Institut Teknologi Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Teknologi Indonesia
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Jl. Raya Puspiptek Serpong, Tangerang Banten 15320 Telepon / Fax: (62) 021 7561102
Kode Pos : 15320
Telp : 7561102    Telp2 :
Fax : 7561102    Fax2 :
Email : pmb@iti.ac.id
Website : http://www.iti.ac.id
Nama Kepala Program Studi : HOUTMAN P SIREGAR
Guru Guru Besar : * Ir. Houtman P. Siregar, Ph.D
* Ir. Ismed Iskandar, Ph.D
* Husni, ST, M.Com
* Ir. Parlindungan P. Marpaung, MT
* Dipl. In
Jumlah Mahasiswa : 12
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 13
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 21

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Mekatronika adalah suatu disiplin ilmu teknik yang mengkombinasikan sinergi dari teknik mesin, elektronika, teknik komputer yang seluruhnya diintegrasikan untuk melakukan perancangan produk. Keterkaitan disiplin ilmu yang terlibat dalam mekatronika tersebut diatas adalah teknik mesin dengan teknik elektro menghasilkan elektro mekanik, teknik mesin dengan teknik komputer menghasilkan software mesin dan teknik elektro dengan teknik komputer menghasilkan software elektro. Semua produk-produk modern saat ini yang ada dipasaran dibuat dengan latar belakang dari disiplin ilmu tersebut diatas. Dalam upaya untuk menunjang kebutuhan disiplin ilmu tersebut, maka Institut Teknologi Indonesia (ITI) menyelenggarakan program pendidikan diploma-III Mekatronika.

Tujuan :

Diploma-III Mekatronika ITI mampu mendidik pemuda-pemudi tamatan SMU dan SMK/STM agar menjadi lulusan diploma III yang ahli untuk memenuhi kebutuhan SDM yang siap pakai untuk pemeliharaan, penerapan dan pengembangan teknologi di dunia industri serba otomatis yang semakin berkembangdewasa ini.

Lapangan Kerja :

Lulusan Diploma III Mekatronika dapat bekerja diberbagai bidang industri seperti industri manufaktur, industri proses, industri otomitif, industri elektronika, Industri komputer, jasa perbankan, instrumentasi, lembaga penelitian , dan lain-lain.

 

Program D3 mekatronika ITI bekerja sama juga dengan lembaga pendidikan tinggi lain, lembaga penelitian, dan industri untuk bersama-sama menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan seperti : SWISS GERMAN UNIVERSITY (SGU) - ASIA, ITB, UI, ITS, Moscow University of Services (MSUS) Rusia, Technical University Delft, BATAN, PUSPIPTEK, Mannheim University of Applied Sciences, Bumi Derpong Damai, Technical University Berlin, BPPT, PT Industri Telekomunikasi Indonesia, Pemerintah Provinsi Banten, LIA, dan lain-lain. 

Visi Menjadi mitra utama dunia industri dalam menghasilkan lulusan yang tangguh dan handal dalam penguasaan keahlian dibidang mekatronika yang berwawasan lingkungan,untuk menigkatkan kesejahteraan manusia dalam pembangunan nasional.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan diploma mekatronika untuk menghasilkan ahli madya mekatronika.
  2. Mengembangkan sistem pendidikan yang dapat memadukan nilai profesionalme dan kemanusiaan.
  3. Mengembangkan profesionalisme dan otonomi keilmuan untuk dapat menemukan kebenaran berdasarkan pada etika profesi.
  4. Memperkokoh " Link and Match " antara pendidikan kejuruan dengan dunia kerja.
  5. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian yang berkualitas di bidang mekatronika yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan,keterampilan atas kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Dikti, Astra, IJARI, TPSDP, Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia