Manajemen Informatika - Universitas Nasional

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Nasional
Nama Fakultas : Teknologi Komunikasi dan Informatika
Alamat Sekretariat : Jl Sawo Manila Pejaten Pasar Minggu Jakarta 12520
Kode Pos : 12520
Telp : 021-7806700    Telp2 :
Fax : 021-7802718    Fax2 :
Email : info@unas.ac.id
Website : http://www.unas.ac.id
Nama Kepala Program Studi : MAHER CHOIRI
Guru Guru Besar : HENI JUSUF
Jumlah Mahasiswa : 170
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 202
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 172

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Kita hidup di era globalisasi informasi. Suatu era dimana kunci sukses memenangkan persaingan, terutama dalam bidang komersial, sangat ditentukan oleh kemampuan mengelola informasi beserta perangkat teknologinya. Maka, tidak berlebihan bila kita menganggap globalisasi telah membangkitkan revolusi dalam sistem informasi.

Dalam globalisasi, menyempitnya batas-batas geografis dan jarak komunikasi antar manusia telah membuka peluang sekaligus ancaman. Peluang, bagi perluasan usaha yang dapat berlangsung lebih efisien dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi (IT). Menjadi ancaman, karena banyaknya pesaing yang memasarkan produk dan jasa mereka melintasi batas bangsa dan wilayah meramaikan aktifitas perekonomian di Indonesia.

Saat ini dan di masa datang, kemampuan untuk terlibat aktif dalam revolusi sistem informasi sangat menentukan masa depan kesejahteraan bangsa serta sukses karir individual. Sayangnya, ketersediaan SDM untuk menunjang pembangunan sistem informasi di Indonesia, pada instansi pemerintah maupun lembaga swasta, masih minim dibandingkan kebutuhan nyata.

UNAS sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia, mengundang generasi masa depan bangsa untuk memanfaatkan peluang menempuh studi Manajemen Informasi. Dengan pengalaman yang mapan sejak 1949, UNAS berupaya berkompeten dalam mengelola sistem informasi guna meraih karir cemerlang di lapangan industri, perkantoran maupun sebagai wirausahawan sekaligus berkontribusi terhadap pembangunan bangsa.

Sistem perkuliahan dilaksanakan secara terpadu yang mencakup: penjabaran teori, studi kasus, diskusi, presentasi, praktek laboratorium, praktek magang, penelitian serta evaluasi.

Mahasiswa akan meraih pemahaman dasar logika dan algoritma komputer, keahlian menggunakan sistem operasi Microsoft Windows dan Linux, perakitan instalasi dan jaringan komputer (networking), pengamanan komputer (computer security), pemanfaatan intranet dan internet, serta penguasaan bahasa Inggris dalam praktek pengelolaan sistem informasi.

Dalam hal mengelola data, mahasiswa akan memperdalam kemampuan data inventory, database berbasis Windows dan Linux, pemrograman JAVA berbasis objek, teknik pengolahan data terdistribusi, desain grafis, pengembangan citra dan komunikasi data.

Kemampuan mahasiswa dalam mengelola sistem informasi terapan dalam manajemen akan diraih melalui mata kuliah pengantar ekonomi dan perekonomian Indonesia; prinsip-prinsip manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen kualitas serta manajemen sumber daya manusia. Mahasiswa juga akan diperkaya pemahaman dasar akuntansi, akuntansi biaya, keasuransian, accounting software, serta paket program niaga.

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa akan memperkuat kemampuan praktis dalam hal analisis dan perancangan manajemen informasi, perancangan project management, penguasaan teknik simulasi dan pelaksanaan praktek uji coba implementasi.

Mahasiswa dapat memilih salah satu diantara dua program konsentrasi yang akan menunjang spesialisasi dalam keahlian manajemen informasi.
Visi Menjadikan Universitas Nasional sebagai lembaga pendidikan yang dinamis dan progresif dalam menegakkan kebenaran dengan komitmen pada pembangunan nasional secara bertanggunngjawab.
Misi Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka terbinanya sumber daya manusia yang berjiwa kepeloporan dalam pengembangan ilmu dan kebudayaan yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia yang beradab dan sejahtera.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi C

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 150.000
Per Semester / Per SKS Rp 2.400.000

INFORMASI BEASISWA

Beasiswa penganggulangan akibat kerusuhan (BPAK), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Supersemar, Beasiswa Technology and professional skills development sector project (TPSDP), Beasiswa Pusat Pemberdayaan Masyarakat Univesitas Nasional (PPM-UNAS)

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi
  • Ruang kuliah ber-AC
  • Ruang kuliah student centered learning dilengkapi fasilitas multimedia    dan internet
  • Laboratorium akuntansi
  • Laboratorium computer programming
  • Laboratorium networking
  • Sistem informasi manajemen online
  • Perpustakaan