Fisika - Universitas Nasional

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Nasional
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Jl Sawo Manila Pejaten
Pasar Minggu
Jakarta 12520
Kode Pos : 12520
Telp : 021-7806700    Telp2 :
Fax : 021-7802718    Fax2 :
Email : info@unas.ac.id
Website : info@unas.ac.id
Nama Kepala Program Studi : DJUHERI
Guru Guru Besar : AJAT SUDRAJAT
DARPIN MANGGUS
DJUHERI
MUNTORO MUSTADJAB
NGADINO SURIP DIPOSUMARTO
V VEKKY RONALD REPI
Jumlah Mahasiswa : 53
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 55
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 55

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Program studi Fisika yang dirintis sejak didirikannya UNAS pada 1949 senantiasa berperan aktif dalam menyiapkan generasi muda yang siap mengantisipasi perkembangan sains & teknologi modern serta mampu berkarya dalam peluang karir yang luas. Adaptasi terhadap pengembangan sains-tek itu diwujudkan dengan mengoptimalkan pemanfaatkan software komputer dalam proses belajarmengajar sebagai alat bantu penguasaan materi dan pembekalan keahlian berbasis ilmu Fisika yang dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Secara khusus, program studi Fisika UNAS memfokuskan pendidikan pada 5 bidang konsentrasi:

GEOFISIKA
Membekali kemampuan dalam analisis inversi, metode gravitasi , metode seismic dan metode electromagnet yang diperlukan untuk eksplorasi minyak, batubara, gas alam dan sumber daya alam lainnya dengan biaya, tenaga dan waktu sehemat mungkin.

FISIKA INSTRUMENTASI
Membekali penguasaan elektronika digital, system sensor, pengolahan sinyal digital sebagai eksperimen yang diperlukan berbagai bidang industri modern.

FISIKA KOMPUTASI
Membekali kemahiran penggunaan komputer dalam menganalisis algoritma komputasi untuk mencari solusi masalah fisika seperti dinamika sistem fisika kompleks yang tidak mungkin dicari solusinya secara analitik

FISIKA ZAT PADAT
Membekali penguasaan sifat material fisika seperti semikonduktor, superkonduktor, dan struktur elektronika zat padat yang mengarah pada Microprocessor/chips yang banyak dipakai dalam produk-produk industri komputer.

FISIKA MEDIK
Membekali keahlian penggunaan Instrumen Elektrofisiologi dan Biofisika Medik seperti Ultrasonografi serta Rontgen sebagai solusi masalah kedokteran.
Visi Menjadikan Universitas Nasional sebagai lembaga pendidikan yang dinamis dan progresif dalam menegakkan kebenaran dengan komitmen pada pembangunan nasional secara bertanggunngjawab.
Misi Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka terbinanya sumber daya manusia yang berjiwa kepeloporan dalam pengembangan ilmu dan kebudayaan yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia yang beradab dan sejahtera.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 150.000
Per Semester / Per SKS Rp 2.500.000

INFORMASI BEASISWA

Beasiswa penganggulangan akibat kerusuhan (BPAK), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Supersemar, Beasiswa Technology and professional skills development sector project (TPSDP), Beasiswa Pusat Pemberdayaan Masyarakat Univesitas Nasional (PPM-UNAS)

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi - Ruang Kuliah AC reguler
- Ruang Kuliah Student Centered Learning
- (Pemusatan belajar pada mahasiswa
  dengan fasilitas multimedia dan internet)
- Perpustakaan
- Laboratorium Fisika
- Laboratorium Dasar Fisika Nuklir
- Laboratorium Elektronika
- Laboratorium Komputer
- Lokasi Sekretariat Fakultas: Blok IV lt.2
Informasi Praktik Kerja Lapangan Persepsi bahwa alumni fisika hanya memiliki lapangan profesi sebagai pendidik adalah salah. Kenyataannya, para alumni program studi Fisika UNAS telah berkarya mendaya gunakan keahliannya di berbagai bank, perusahaan minyak asing, industri dan instansi-instansi pemerintah seperti BATAN, BPPT, PERTAMINA, LAPAN, LIPI.