Psikologi Anak dan Perkembangan - Universitas Mercubuana

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Mercubuana
Nama Fakultas : Psikologi
Alamat Sekretariat : Kampus A (Meruya) Jl.Meruya Selatan Kembangan Jakarta Barat 11650 Telp: 021-5861779, 68640100, 5840816(hunting) Kampus B (Menteng) Gedung Teja Buana, Jl.Menteng Raya No.29 Jakarta Pusat Telp:021-31935454
Kode Pos : 11650
Telp : 021-5861779    Telp2 : 021-31935454
Website : http://www.mercubuana.ac.id

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Psikologi Anak dan Perkembangan merupakan cabang dari ilmu psikologi yang menyelesaikan masalah psikologis dalam memahami perkembangan manusia (sejak masa kandungan, bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa dan usia lanjut/lansia). Psikolog anak dan perkembangan memiliki ruang lingkup kerja yang luas. Psikolog anak dan perkembangan menyelesaikan masalah kehidupan sejak masa kandungan sampai masa usia lanjut. Dengan demikian, psikolog pendidikan memiliki peranan penting dalam mencari titik temu dengan tantangan permasalahan perkembangan dengan masalah kehidupan. Untuk dapat melihat luasnya cakupan kerja dari psikolog anak dan perkembangan ruang lingkupnya, yaitu : 

  1. Melakukan assesmen dan pengukuran psikologis terhadap perkembangan psikologis bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa dan usia lanjut.

  2. Menganalisis dan mengantisipasi terhadap perkembangan manusia mulai saat dalam kandungan, masa kanak-kanak, remaja, dewasa dan usia lanjut beserta permasalahan yang melingkupinya.

  3. Menganalisis dan mengantisipasi penyimpangan tingkah laku manusia sebagai sistem psikofisik, sistem sosial dan kultural.

  4. Menganalisis dan mengantisipasi masalah psikologi wanita(gender) dan pengaruhnya terhadap aktualisasi diri dan kehidupan kariernya.
Visi

Pencapaian kemampuan yang diharapkan sebagai psikolog anak dan perkembangan, maka lulusannya harus memiliki kompetensi sebagai berikut : 

  1. Mampu melakukan asesmen dan pengukuran psikologi, ketrampilan yang harus dimiliki dapat mengetahui tentang kondisi psikologis individu, maka seorang psikolog anak dan perkembangan harus melakukan asesmen. memahami penyusunan alat ukur psikologi.

  2. Mampu mengembangkan atau melakukan modifikasi mental dan tingkah laku. Seorang psikolog anak dan perkembangan hendaknya dapat melakukan psikoterapi dan konseling psikologi.

  3. Mampu mengembangkan komunikasi yang baik dengan klien individu.

  4. Mampu mengembangkan relasi sosial dan ketrampilan sosial. Kompetensi sosial ini diperlukan oleh psikolog anak dan perkembangan untuk melakukan interaksi sosial dengan klien individu.

  5. Mampu melakukan penelitian terapan psikologi. Berdasarkan pengetahuan dan ketrampilan profesinya, seorang psikolog anak dan perkembangan dapat melakukan penelitian terapan yang menuntut kerjasama dengan disiplin ilmu lain.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Jenjang Pendidikan S1

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS