Teknik Industri - Universitas Bakrie

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Bakrie
Nama Fakultas : Ekonomi dan Ilmu Politik
Alamat Sekretariat : Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro Suite UG #02-03, Jl. HR Rasuna Said Kav C-22 Kuningan, Jakarta Selatan
Telp : 021 5261448    Telp2 : 021 526 3182/3
Fax : 021 527 6543    Fax2 :
Email : info@bakrie.ac.id
Website : http://www.bakrie.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Pada era persaingan global, perusahaan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan lingkungan yang cepat. Untuk memenuhi tuntutan tersebut diperlukan tenaga ahli yang mampu mengatasi berbagai permasalahan teknik dengan pendekatan yang sistematis, terintegrasi dan holistik. Industri, dalam pengertian teknik industri, memiliki pengertian yang luas yang meliputi industri manufaktur dan industri jasa. Bidang Ilmu Teknik Industri mencakup berbagai bidang mulai dari produksi manufaktur, ritel, pertanian, pertambangan, pelabuhan, perhotelan, pariwisata, perkantoran, rumah sakit, pelayanan publik, dsb.

Teknik Industri adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari sistem terintegrasi dalam industri yang bertujuan  untuk mengatasi  berbagai permasalahan teknik secara sistematis dan terintegrasi. Oleh karena bidang keilmuan teknik industri ditunjang oleh lima bidang utama yaitu sistem produksi, perancangan sistem kerja dan ergonomi, statistik dan teknik optimasi, sistem informasi dan keputusan, serta manajemen, maka bidang keilmuan ini menghasilkan suatu keahlian unik yaitu berupa kemampuan menganalis dan memecahkan masalah teknik secara sistematis dan terintegrasi dengan tujuan tercapainya efisiensi, efektivitas dan produktivitas. Dengan keunikan keahlian tersebut, teknik industri dapat diaplikasikan secara luas pada berbagai jenis industri dan menjadi sangat dibutuhkan dalam situasi persaingan usaha yang semakin kompetitif dan global.

Dengan dibekali kemampuan untuk menganalisis dan menyelesaikan segala permasalahan industri melalui konsep pendekatan sistem (system approach) dengan konsep 4M+E (Man, Money, Machine, Method, dan Energy), seorang Teknik Industri memiliki kemampuan dan wawasan “Tekno-Sosio-Ekonomis”,  yang multi-perspektif, multi-disiplin, dan multi-dimensi, yakni melibatkan aspek-aspek teknik (ilmu keteknikan) dan aspek-aspek non teknik (yaitu ilmu sosial-ekonomi).
Visi Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan global di bidang Teknik Industri, yang menghasilkan technopreneur  dan tenaga profesional unggul dengan kompetensi utama dalam bidang peningkatan daya saingdan produktivitasindustri.


Misi
* Menyelenggarakan pendidikan tinggi bertaraf internasional di bidang Teknik Industri.
* Mendidik mahasiswa unggulan dari seluruh nusantara menjadi sarjana technopreneur di bidang Teknik Industri dengan kompetensi peningkatan efisiensi, efektivitas dan produktivitas   sistem industri secara sistematis, terintegrasi dan holistik.
* Melaksanakan penelitian unggulan dan inovatif dalam bidang Teknik Industri untuk mendukung pendidikan dan pengembangan keilmuan Teknik Industri.
* Menerapkan hasil pendidikan dan menyebarluaskan hasil penelitian untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat serta pengembangan industri dalam arti luas.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Jenjang Pendidikan S1

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS