Teknik Sipil - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik USU Jalan Perpustakaan I Kampus USU
Kode Pos : 20155
Telp : +6261 8213249    Telp2 :
Fax : +6261 8213250    Fax2 :
Email : sipil@karet.usu.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Prof. Dr. Ir. Bachrian Lubis, M.Sc

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara berdiri pada tahun 1959 yakni melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 83303/S tanggal 26 Agustus 1959. Departemen Teknik Sipil adalah merupakan program tertua di Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, dan sejarah berdirinya berkaitan dengan kebutuhan insinyur di Departement Pekerjaan Umum pada akhir tahun lima puluhan. Pada saat itu pendidikan tinggi dibidang teknik sipil di Indonesia hanya ada di Pulau Jawa. Pada tanggal 18 Januari 1958, Gubernur Sumatera Utara membentuk panitia pendirian Fakultas Teknik di Medan. Setahun kemudian, panitia, yang kemudian disebut dengan panitia delapan, akhirnya menyimpulkan bahwa Fakultas Teknik Negeri perlu segera didirikan di Medan, Sumatera Utara. Pada gilirannya, Fakultas Teknik resmi mulai berdiri pada tanggal 1 September 1959 dengan hanya menjalankan satu Departemen yakni Departemen Teknik Sipil. Dalam awal perkembangannya Departemen Teknik Sipil USU dinamakan Jurusan Teknik Sipil USU. Pada tahun 1991, dosen-dosen di bawah Jurusan Teknik Sipil berhasil membuka Jurusan baru yaitu Jurusan Teknik Arsitektur USU. Pada Tahun 2001, dosen-dosen di bawah Jurusan Teknik Sipil USU berhasil pula membuka Progam Pasaca Sarjana Magister Teknik Sipil USU. Setelah USU menjadi PTN BHMN pada tahun 2005, Jurusan Teknik Sipil USU dinamakan Departemen Teknik Sipil dalam Struktur Organisasi USU.
Visi
Sejak status Universitas Sumatera Utara berubah menjadi PTN BHMN, USU mencanangkan visi baru yaitu “University for Industry . Perubahan visi ini turut mewarnai visi dan misi di seluruh fakultas dan departemen di lingkungan USU. Merespon hal ini, visi Departemen Teknik Sipil USU adalah  Menjadi salah satu pusat keunggulan dalam Bidang Teknik Sipil yang kompetitif di regional IMT-GT dan sesuai dengan keinginan stakeholders . Dengan visi ini, Departemen Teknik Sipil USU berbenah diri dan berusaha untuk mampu bersaing dengan Departemen Teknik Sipil yang ada di kawasan IMT-GT. Bersamaan dengan itu, kurikulum Departemen Teknik Sipil USU ke depan diusahakan untuk berbasis kompetensi sesuai dengan keinginan stakeholders.
Misi
Untuk mencapai visi yang telah ditetapkan tersebut, Departemen Teknik Sipil USU menetapkan misinya sebagai berikut : Menyiapkan mahasiswa mampu menguasai dasar-dasar teknik sipil untuk dapat mengisi pasar kerja, melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi ataupun secara mandiri bekerja, khususnya dalam bidang teknik sipil. Mengikuti perkembangan rekayasa terbaru dan mendorong kegiatan akademik bagi terwujudnya keahlian dan produk ilmiah yang link and match. Mengusahakan Departemen Teknik Sipil menjadi departemen terkemuka di lingkungan USU.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata – rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Internal, Fakultas, Universitas, Eksternal

FASILITAS