Teknik Elektro - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik USU Jalan Almamater Kampus USU Medan
Kode Pos : 20155
Telp : +62 61 8213246    Telp2 :
Fax : +62 6I 8213250    Fax2 :
Nama Kepala Program Studi : Ir. Nasrul Abdi. M.T.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Program Studi Teknik Elektro dibuka pada tahun 1965. Dalam perkembangan selanjutnya, mulai tahun 1994 penyelenggaraan pendidikan Sarjana Teknik Elektro. Dengan diterbitkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0124/U/1979 yang kemudian diperbaiki dengan SK Mendikbud No. 0211/U/1982, sistem penyelenggaraan pendidikan di FT USU disesuaikan menurut isi SK Menteri tersebut.

Departemen Teknik Elektro USU dibagi atas 3 (tiga ) sub program yaitu:
  1. Teknik Tenaga Listrik
  2. Kendali dan Komputer
  3. Telekomunikasi dan Elektro
Ketiga bidang sub bidang ini adalah sejalan dengan tiga bidang pekerjaan berbeda yang telah dikenal umum dalam profesi seorang sarjana Teknik Elektro. Dengan diterbitkannya pula Kurikulum yang Berlaku Secara Nasional Program Sarjana Teknik oleh Mendikbud yang memuat ketentuan dan jumlah beban studi sarjana Teknik Elektro, maka sejak tahun akademik 1979/1980 Jurusan Teknik Elektro menyelenggarakan sistem pendidikan dengan melaksanakan SKS, Jurusan Teknik Elektro USU mempunyai 3 konsentrasi, yaitu :

Konsentrasi Teknik Energi : terutama pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ketenagalistrikan misalnya PT(Persero) PLN, Pertamina , PT Inalum. Pabrik-Pabrik dan Industri serta Departemen yang berhubungan dengan kelistrikan, PT Perkebunan.

Konsentrasi Teknik Komputer : banyak lulusan diterima di perusahaan jasa Telekomunikasi, jasa komputer dan lain-lain.

Konsentrasi Teknik Telekomunikasi: banyak lulusan diterima pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertelekomunikasian seperti Telkomsel. Indosat, dan Satelindo.

Hubungan keterkaitan ketiga konsentrasi; pada dasarnya ketiga konsentrasi ini adalah mempunyai dasar ilmu tentang kelistrikan yang sama, kemudian pada semester lima baru dilakukan penguatan/pemberatan keahlian pada masing-masing bidang.
Visi
Menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi dengan lulusan Program Studi yang sama dengan institusi lainnya dalam tingkat nasional, regional dan internasional dalam penelitian dan memberikan pelayanan dalam sektor industri dan masyarakat.
Misi
Untuk melaksanakan pendidikan tinggi dalam lingkungan akademis yang kreatif dan komunikatif dan untuk melaksanakan penelitian-penelitian dan perencanaan dalam bidang Teknik Elektro.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Internal, Fakultas, Universitas, Eksternal

FASILITAS