Elektronika dan Instrumentasi - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Sekip Utara Kotak Pos: BLS 21 Yogyakarta
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 902384    Telp2 :
Fax : (0274) 513339    Fax2 :
Email : elinss1@ugm.ac.id
Website : http://mipa.ugm.ac.id
Nama Kepala Program Studi : AGUS HARJOKO
Guru Guru Besar : AHMAD ASHARI
SRI HARTATI
SUHARTO
Jumlah Mahasiswa : 369
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 150
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 150

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Ilmu Pengetahuan Terapan bidang elektronika merupakan salah satu unsur utama yang harus dikembangkan dalam rangka men-dukung upaya pengembangan industri dan teknologi maju,. Oleh karena itu perlu dilaksanakan usaha-usaha yang mendukung upaya tersebut. Untuk mewujudkan pokok-pokok pikiran tersebut, maka dibutuhkan sumber daya manusia dalam bidang elektronika dan instrumentasi yang siap, mampu serta profesional untuk menyerap ilmu pengetahuan mutakhir dan teknologi maju. Selain dari pada itu sumber daya manusia tersebut harus mampu pula melaksanakan alih ilmu pengetahuan dan teknologi serta menerapkan dan mengembang-kannya untuk kepentingan pembangunan Nasional.

Untuk menyediakan sumber daya manusia yang handal dalam bidang Elektronika dan Instrumentasi mutlak perlu adanya wadah penyelenggaraan pendidikan dalam bidang Elektronika dan Instrumentasi dalam berbagai strata. Dalam rangka pelaksanaan pendidikan tersebut, kelompok dosen FMIPA Universitas Gadjah Mada yang mempunyai minat dan keahlian dalam bidang elektronika siap untuk melaksanakannya . Mengingat ketersediaan tenaga ahli, sarana laboratorium, sarana perpustakaan serta efisiensi dan efektivitas, lapangan kerja dan sebagainya, dipandang perlu dikembangkan wadah strata S2, S1, dan D3 secara integral.

Untuk membedakan dengan pendidikan yang dikembangkan oleh Fakultas Teknik, khususnya jurusan Teknik Elektro perlu adanya perbedaan penekanan agar tidak terjadi tumpang tindih yang merugikan, yang menyebabkan pemborosan (disefisiensi dan disefektivitas). Jika kajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dapat dibagi menjadi Ilmu Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Terapan dan Teknologi serta Teknik Produksi, maka pendidikan Elektronika dan Instrumentasi di FMIPA UGM ini harus mewadahi pendidikan yang berpola pokok Ilmu Pengetahuan Dasar dan Ilmu Pengetahuan Terapan dengan harapan bahwa Fakultas Teknik, khususnya jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika dan Fisika Teknik berpola pokok Teknologi dan Teknik Produksi. Ilmu Pengetahuan Terapan yang dikembangkan oleh wadah pendidikan Elektronika dan Instrumentasi FMIPA UGM akan memilih bidang-bidang Ilmu Pengetahuan Terapan yang masih dekat/ lekat dengan Ilmu Pengetahuan Dasar, khususnya Ilmu Pengetahuan Terapan yang masih baru (frontier) dan diharapkan Fakultas Teknik, khususnya jurusan Teknik Elektro, lebih mengembangkan Ilmu Pengetahuan Terapan yang sudah lebih mapan yang dekat / lekat dengan Teknologi dan Teknik Produksi. Dengan demikian wadah pendidikan Elektronika dan Instrumentasi di FMIPA UGM akan menjadi jembatan dan pengisi kesenjangan antara Ilmu Pengetahuan Dasar dan Ilmu Teknik/ Teknologi dalam bidang Elektronika dan Instrumentasi.

Visi FMIPA yang dikenal baik secara internasional dan unggul secara nasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidangnya, literate dalam teknologi informasi, berjiwa wirausaha, dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
Misi
  1. Menumbuhkembangkan semua jurusan dan program studi di lingkungannya agar mampu menyelenggarakan pendidikan MIPA di garis depan sampai ke jenjang Pascasarjana dengan lulusan yang berpotensi maju dan bertaraf internasional untuk warga semua lapisan masyarakat indonesia dan semua negara di dunia.
  2. Menumbuhkembangkan semua jurusan di lingkungannya agar mampu menyelenggarakan penelitian dasar maupun terapannya secara terpadu dan bertaraf internasional yang menunjang pengembangan IPTEK untuk kesejahteraan bangsa dan umat manusia.
  3. Meningkatkan peran FMIPA sebagai institusi yang mempuyai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui rangkaian kegiatan pemanfaatan MIPA untuk menunjang kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat dalam aspek material maupun spiritual.
  4. Meningkatkan peran FMIPA dalam industri, teknologi sistem informasi dan komunikasi lingkung hidup, kesehatan, dan ekonomi, sehingga dunia industri dapat diyakinkan dan diajak bersama-sama (corporate) untuk lebih mengembangkan ilmu dan terapan MIPA.
  5. Menjadikan FMIPA sebagai pusat layanan penelitian, pelatihan, konsultasi, dan jasa dalam bidang keilmuan MIPA dan terapanya.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi

Laboratorium

Perpustakaan

Sesuai dengan jurusan yang ada maka koleksi sebagian besar adalah buku mata kuliah dasar khusus (MKDK) yang meliputi bidang matematika, fisika, kimia dan komputer yang sebagian kecil adalah mata kuliah dasar umum (MKDU) seperti buku-buku bahasa, agama, pancasila. Sampai sekarang jumlah koleksi yang dimiliki Perpustakaan FMIPA UGM adalah:

Jenis
Jumlah (Judul)
Jumlah (Eksemplar)
Buku
8.081
18.119
Jurnal
356
15.793
Majalah
148
819
Laporan Penelitian
833
1.139
Skripsi
5.723
5.998
Tesis
359
365
Disertasi
18
21

Student Internet Center

Student Internet Center (SIC) FMIPA UGM telah beroperasi dan dipergunakan oleh terutama mahasiswa FMIPA UGM sejak tanggal 19 Maret 2003.Utilisasinya saat ini rata-rata 700 jam per-hari atau 50% dari total waktu dan ruang yang dialokasikan.

Seperti namanya SIC FMIPA merupakan sarana/fasilitas bagi mahasiswa UGM dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah dan agar mahasiswa FMIPA dapat memahami dan terampil memanfaatkan internet serta literate/sadar TI seperti yang dimaksud dalam visi dan misi FMIPA UGM.