Geofisika - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Sekip Utara Kotak Pos: BLS 21 Yogyakarta
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 7101384    Telp2 :
Fax : (0274) 513339    Fax2 :
Email : ilkoms1@ugm.ac.id
Website : http://mipa.ugm.ac.id
Nama Kepala Program Studi : KIRBANI SRI BROTOPUSPITO
Guru Guru Besar : SISMANTO
WAHYUDI
WIWIT SURYANTO
Jumlah Mahasiswa : 197
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 80
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 80

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Program Studi Geofisika telah mempunyai modal yang sangat besar karena berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional 1998-2003 dan 2004-2009, Program Studi Geofisika masuk dalam kategori Akreditasi A. Disamping itu Program Studi Geofisika termasuk dalam 12 Program Studi di Lingkungan UGM (dari 45 program studi di seluruh Indonesia) yang berhasil mendapatkan Proyek QUE (Quality of Undergraduate Education), yaitu proyek bottom-up yang sifatnya sangat kompetitif (diperebutkan) di lingkungan perguruan tinggi dan mempunyai tujuan utama meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat bersaing ditingkat internasional. Proyek QUE-Program Studi Geofisika yang dimulai pada awal bulan Maret 1998, telah berakhir pada akhir bulan Februari 2003, dengan hasil hampir semua indicator kinerja pada tahun terakhir lebih baik daripada sasaran yan ditetapkan.

Keunggulan

  • Keunggulan komparatif
    Di antara program studi geofisika yang sudah berkembang di Indonesia, PS Geofisika FMIPA-UGM merupakan program studi yang membina ilmu Geofisika berbasis ilmu Fisika dan Matematika, sehingga pendekatan kuantitatif lebih diandalkan dalam proses pembelajarannya.
  • Keunggulan Kompetitif
    Dengan basis Fisika dan Matematika yang kuat, PS Geofisika UGM dapat unggul pada bidang-bidang :
    • Pengukuran Geofisika (data collecting).
    • Pengolahan dan analisis data Geofisika (data processing)
    • Pemodelan fisis/matematis Geofisika (interpretation).
    • Instrumentasi geofisika.
Visi Sebagai salah satu Program Studi di Jurusan Fisika, seyogyanyalah apabila Program Studi Geofisika FMIPA-UGM mempunyai visi yang seiring-sejalan dengan visi Jurusan Fisika, yaitu: Jurusan Fisika yang unggul secara nasional dan dikenal baik secara internasional dalam bidang pendidikan, proses pembelajaran, pengembangan, penerapan, dan pelayanan fisika dalam arti luas, dengan produk berkompetensi tinggi, demi kejayaan manusia.Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya.
Sedang visi Program Studi Geofisika adalah: Program Studi Geofisika yang dikenal mempunyai kualitas internasional dalam pendidikan, proses pembelajaran, pengembangan, penggunaan dan penerapan ilmu geofisika secara luas untuk melayani kebutuhan masyarakat dan menghasilkan lulusan yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki komitmen yang tinggi untuk berbagai peran sosial, demi kejayaan manusia Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya.
Misi

Sesuai dengan misi Jurusan Fisika FMIPA-UGM, misi Program Studi Geofisika Jurusan Fisika FMIPA-UGM adalah :

  1. Menumbuh-kembangkan kemampuan Program Studi Geofisika dalam pelaksanaan proses pembelajaran di Jurusan Fisika FMIPA-UGM agar mampu menyelenggarakan pendidikan Geofisika dan penerapannya di garis depan sampai ke jenjang Pasca Sarjana dengan lulusan bertaraf internasional dengan kompetensi tinggi untuk semua lapisan warga masyarakat Indonesia pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya.
  2. Menumbuh-kembangkan Laboratorium Geofisika dan kelompok penelitian yang berada dibawahnya agar mampu menyelenggarakan penelitian dasar maupun terapan secara bertanggung-jawab dan terpadu, agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas internasional dengan kompetensi tinggi, sehingga mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan bangsa dan umat manusia.
  3. Meningkatkan peran Geofisika dalam pengembangan teknologi sehingga akan lebih dikenal dan dihargai oleh seluruh lapisan masyarakat melalui rangkaian kegiatan pemanfaatan Geofisika untuk menunjang kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat dalam aspek material maupun spiritual.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi

Laboratorium

Perpustakaan

Sesuai dengan jurusan yang ada maka koleksi sebagian besar adalah buku mata kuliah dasar khusus (MKDK) yang meliputi bidang matematika, fisika, kimia dan komputer yang sebagian kecil adalah mata kuliah dasar umum (MKDU) seperti buku-buku bahasa, agama, pancasila. Sampai sekarang jumlah koleksi yang dimiliki Perpustakaan FMIPA UGM adalah:

Jenis
Jumlah (Judul)
Jumlah (Eksemplar)
Buku
8.081
18.119
Jurnal
356
15.793
Majalah
148
819
Laporan Penelitian
833
1.139
Skripsi
5.723
5.998
Tesis
359
365
Disertasi
18
21

Student Internet Center

Student Internet Center (SIC) FMIPA UGM telah beroperasi dan dipergunakan oleh terutama mahasiswa FMIPA UGM sejak tanggal 19 Maret 2003.Utilisasinya saat ini rata-rata 700 jam per-hari atau 50% dari total waktu dan ruang yang dialokasikan.

Seperti namanya SIC FMIPA merupakan sarana/fasilitas bagi mahasiswa UGM dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah dan agar mahasiswa FMIPA dapat memahami dan terampil memanfaatkan internet serta literate/sadar TI seperti yang dimaksud dalam visi dan misi FMIPA UGM.