Peternakan - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Pertanian
Alamat Sekretariat : Program Studi Produksi Ternak Fakultas Pertanian USU Jalan Prof. A. Sofian 3 Kampus USU Medan
Kode Pos : 20155
Telp : +62 61 8213236    Telp2 :
Fax : +62 61 8211924    Fax2 :
Nama Kepala Program Studi : Dr. Zulfikar Siregar, M.P

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Pada tahun 1962 atas prakarsa Prof. Soeratman dibentuklah Jurusan Peternakan sebagai salah satu jurusan yang ada di Fakultas Pertanian USU. Pada tahun 1968 nama Jurusan Peternakan diubah menjadi jurusan Mixed Farming oleh Prof. Tan Hong Tong dan Prof. Soeratman. Dalam perkembangan selanjutnya yaitu pada tahun 1983 nama Jurusan Mixed Farming diubah lagi menjadi Jurusan Peternakan.
 

Progran Studi Produksi Ternak mengikuti kurikulum nasional yang terdiri dari: ilmu-ilmu dasar, mata kuliah umum, dan rnata kuliah ciri khusus dan kurikulum lokai. Pada kedua kurikulum ini mencakup disiplin ilmu Produksi Ternak. Managemen Ternak, Pernuliaan Ternak. Reproduksi. Fisiologi Ternak, Teknologi Hasil Ternak. Ilmu Lingkungan Ternak, Nutrisi Ternak, Hijauan Pakan Ternak dan sebagainya.
Visi
Mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.mampu bersaing secara global dan mampu mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan lingkungan kerja. Sebagai pusat penelitian mampu mengembangkan ilmu peternakan mutakhir dengan melibatkan potensi sumberdaya sekitar. Sebagai pusat pengabdian pada masyarakat mempu berperan sebagai konsultan dan rujukan bagi pemakai dan peminat bidang peternakan.
Misi
Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu peternakan baik melalui pendidikan akademik maupun pendidikan profesional dengan berpedoman kepada: a) tujuan pendidikan nasional; b) kaidah, moral dan etika ilmu pengetahuan; dan c) kepentingan masyarakat; serta memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi.

Merupakan tempat untuk mencari kebenaran ilmiah, menentukan, memperluas dan memperdalan ilmu pengetahuan. Merupakan pusat penguasaan dan pengernbangan ilmu peternakan, termasuk ilmu-ilmu pengetahuan dasar, teknologi produksi peternakan, teknologi prosessing hasil dan limbah peternakan, ilmu nutrisi dan makanan ternak, imu sosial, ekonomi dan agroindustri peternakan. Mengupayakan pemanfaatan ilmu peternakan bagi kesejahteraan manusia, dan menyebarluaskan temuan-temuan baru kepada masyarakat peternak.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Internal; Fakultas; Universitas; Eksternal

FASILITAS