Keteknikan pertanian - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Pertanian
Alamat Sekretariat : Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian USU Jalan Prof. A. Sofian 3 Kampus USU Medan
Kode Pos : 20155
Telp : +62 61 8222451    Telp2 :
Fax : +62 61 8211924    Fax2 :
Email : tep-usu@usu.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Ir. Saipul Bahri Daulay, M.Si

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Program Studi Teknik Pertanian (TEP) dibuka sejak tahun 1964/1965 yang dahulunya merupakan jurusan pada Fakultas Pertanian USU.Jurusan Teknologi Pertanian terdiri dari dua Program Studi yaitu Program Studi Teknologi Pertanian dan Program Studi Mekanisasi Pertanian. Selanjutnya pada tanggal 11 Juli 1996, Program Studi Mekanisasi Pertanian berubah menjadi Program Studi Teknik Pertanian.
 

Ruang lingkup program studi Teknik Pertanian:
 
  1. Bidang Alat dan Mesin Budidaya Pertanian, yang menelaah persoalan-persoalan penggunaan tenaga dan alat untuk budidaya pertanian seperti penggunaan traktor, pengolahan tanah, pemeliharaan tanah, pemberantasan hama dan penyakit, dan sebagainya.
  2. Bidang Mesin-mesin Pengolahan Hasil Pertanian yang menelaah persoalan penggunaan mesin-mesin dalam usaha menyiapkan has! pertanian untuk digunakan, disimpan, memperbaiki mutu dan mencegah kerusakan hasil pertanian balk tanaman pangan mapun non pangan.
  3. Bidang Teknik Tanah dan Air, yang menelaah persoalan yang timbul dalam usaha menciptakan keadaan tanah dan air termasuk irigasi dan drainase dan konservasi tanah dan air, sedemikian rupa sehingga efisiensi yang maksima! dapat dicapai baik dalam hal waktu maupun tenaga.
  4. Bidang Bangunan Pertanian dan Lingkungan, yang menelaah persoalan pemakaian gedung-gedung bangunan dan perlengkapan untuk memperbaiki keadaan lingkungan yang diperlukan oleh perusahaan pertanian dan rumah petani.
  5. Bidang Energi dan Elektrifikasi pertanian, menelaah persoalan energi, pemakaian/ penggunaan listrik untuk pertanian, baik merupakan tenaga listrik di rumah, di perbengkelan dan di dalam bangunan pertanian.
  6. Bidang Manajemen Alat dan Mesin Pertanian menelaah persoalan manajemen alat dan mesin pertanian terutama yang berhubungan dengan menghitung biaya operasional dan pemeliharaan alat dan mesin pertanian.
Visi
Program Studi Teknik Pertanian dapat berperan sesuai dengan perkembangan kebutuhan, sebagai sumber ilmu pertanian untuk industri dan memenangkan persaingan di era globalisasi dengan berjiwa sebagai berikut memiliki wawasan spiritual, berkribadian yang baik, mempunyai intelegensia dan ketrampilan yang cakap, disiplin setta memiliki etos kerja. Mampu secara profesional dan memiliki produktivitas dalarn rnembina sumberdaya manusia di bidang alat dan mesin pertanian, mesin dan peralatan untuk pengolahan pangan, elektrifikasi dan bangunan pertanian, teknik tanah dan air, perbengkelan dan instrumentasi juga di bidang manajemen teknik pertanian. Menempatkan Program Studi Teknik Pertanian sebagai mitra kerjasama dalam bisnis dan manajemen dan aplikasi teknologi yang besar, sedang dan kecil.
Misi
Mempersiapkan sumberdaya manusia yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan di bidang Teknik Pertanian Mempersiapkan sumberdaya manusia yang mempunyai kemampuan mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan Teknik Pertanian. Mempersiapkan sumberdaya manusia yang mempunyai kemampuan untuk mengevaluasi, mengembangkan, rnenyebarluaskan dan menjadi motivator di bidang Teknik Pertanian Mempersiapkan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan untuk mengevaluasi, mengembangkan ilmu Teknik Pertanian sehingga mampu untuk berpikir kreatif, kritis. produktif, dan berbudi luhur dan mempunyai jiwa nasionalisme.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Internal, Fakultas, Universitas, Eksternal

FASILITAS