Fisika - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Sekip Utara Kotak Pos: BLS 21 Yogyakarta
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 513339    Telp2 :
Fax : (0274) 513339    Fax2 :
Email : fiss1@ugm.ac.id
Website : http://mipa.ugm.ac.id
Nama Kepala Program Studi : ARIEF HERMANTO
Guru Guru Besar : ANWAR
ANWAR DHANI
GEDE BAYU SUPARTA
HARI GUNARTO
KUWAT TRIYANA
MOHAMMAD ALI JOKO WASONO
Jumlah Mahasiswa : 262
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 66
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 150

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Tujuan pendidikan program sarjana fisika adalah mengupaykan agar lulusan program ini memiliki kemampuan dasar sarjana fisika, yaitu perilaku :

  1. Learning to know
    • kemampuan pada taraf awal untuk menggunakan deduksi matematis berdasar sosok pengetahuan fisika yang telah ada guna menjelaskan gejala/fakta empiris
    • memahami bagaimana teori digunakan untuk meramalkan fakta baru
  2. Learning to do
    • kemampuan menggunakan sistem pengamatan yang terdiri atas sistem peralatan fisika untuk menguji tori melalui proses induksi statistik berdasar pada hasil observasi
    • kemampuan menerapkan ilmunya pada bisang yang memerlukan dasar fisika serta mengikuti perkembangan keilmuan fisika melalui literatur
  3. Learning to be
    • memiliki wawasn mipa yang luas sehingga dapat menjelaskan berbagai gejala alam sehari-hari secara profesional
    • kemampuan membantu masyarakat umum dalam memahami berbagai gejala alam maupun perkembangan ilmu dan teknologi
  4. Learning to live together
    • memiliki wawasan sosial budaya agar dapat berperan aktif sebagai seorang intelektual dalam masyrakat umum melalui profesinya.

Dengan bekal kemampuan dasar sarjana fisika seperti diatas, seorang sarjana fisika diharapkan mampu mengikuti pendidikan lanjut program akademis(Magister dan doktor) dalam bidang fisika.Selain itu melalui latihan atau usaha mandiri atau mengikuti pendidikan profesional, seorang sarjana fisika diharapkan mampu mengembangkan kemampuannya sehingga dapat memberi pelayanan pada masyarakat dalam bidang terapan fisika.

Visi Jurusan fisika yang unggul secara nasional dan dikenal baik secara internasional dalam bidang pendidikan, proses pembelajaran, pengembangan, penerapan dan pelayanan ilmu fisika dalam arti luas demi kejayaan demi kejayaan dan kesejahteraan manusia Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya.
Misi
  1. Menumbuh-kembangkan semua Program Studi yang ada di jurusan Fisika FMIPA UGM agar mampu menyelenggarakan pendidikan Fisika, dan penerapannya di garis depan sampai ke jenjang pasca sarjana dengan lulusan bertaraf internasional untuk semua lapisan warga masyarakat Indonesia yang berpotensi maju dari seluruh pelosok tanah air.
  2. Menumbuhkembangkan semua labolatorium dan kelompok penelitian yang ada di jurusan Fisika FMIPA-UGM agar mampu menyelenggarakan penelitian dasar mauoun terapan secara terpadu dan bertaraf internasioanl sehingga mampu mengembangkan IPTEK untuk kesejahteraan bangsa dan umat manusia

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi

Laboratorium

Perpustakaan

Sesuai dengan jurusan yang ada maka koleksi sebagian besar adalah buku mata kuliah dasar khusus (MKDK) yang meliputi bidang matematika, fisika, kimia dan komputer yang sebagian kecil adalah mata kuliah dasar umum (MKDU) seperti buku-buku bahasa, agama, pancasila. Sampai sekarang jumlah koleksi yang dimiliki Perpustakaan FMIPA UGM adalah:

Jenis
Jumlah (Judul)
Jumlah (Eksemplar)
Buku
8.081
18.119
Jurnal
356
15.793
Majalah
148
819
Laporan Penelitian
833
1.139
Skripsi
5.723
5.998
Tesis
359
365
Disertasi
18
21

Student Internet Center

Student Internet Center (SIC) FMIPA UGM telah beroperasi dan dipergunakan oleh terutama mahasiswa FMIPA UGM sejak tanggal 19 Maret 2003.Utilisasinya saat ini rata-rata 700 jam per-hari atau 50% dari total waktu dan ruang yang dialokasikan.

Seperti namanya SIC FMIPA merupakan sarana/fasilitas bagi mahasiswa UGM dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah dan agar mahasiswa FMIPA dapat memahami dan terampil memanfaatkan internet serta literate/sadar TI seperti yang dimaksud dalam visi dan misi FMIPA UGM.