Fisika - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Fakultas MIPA USU Jalan Bioteknologi I Kampus USU, Padang Bulan Medan, Indonesia
Kode Pos : 20155
Telp : +6261 821 1050, 821 4290    Telp2 :
Fax : +6261 821 4290    Fax2 :
Website : fisika.usu.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Drs. Mester Sitepu, M.Sc.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Program Studi Fisika dibuka pada tahun 1965 bersamaan dengan pendirian FMIPA USU dengan jurusan: Fisika, Matematika, dan Kimia. Sejak tahun 2001, jurusan Fisika telah membagi bidang keahlian menjadi tiga yaitu: fisika murni/energi, fisika material, dan fisika elektronika/ instrumentasi/ komputasi.

Program studi Fisika bertujuan untuk menghasilkan sarjana fisika yang dapat memenuhi kebucuhan lapangan pekerjaan sesuai dengan perkembangan teknologi, dan mampu mengembangkan ilmu secara mandiri maupun melalui pendidikan Pascasarjana.

Berdasarkan kelompok bidang keahlian yang diberikan di Jurusan Fisika maka lapangan pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh alumni bervariasi mulai dari industri yang berhubungan dengan material dan instrumentasi/elektronika, dan juga di lembaga-lembaga penelitian. Dengan perkembangan penggunaan ilmu fisika ke dalam bidang ekonomi maka lapangan pekerjaan di bidang ekonomi juga terbentang luas.

Jurusan Fisika menghasilkan alumni pertama pad tanggal 4Juli 1974 yaitu Drs. Rasmi Sembiring, Drs. M. Syukur, dan Drs. B. R. C. Tarigan. Sampai dengan wisuda tanggal 27 Juli 2002, Jurusan Fisika FMIPA USU telah menamatkan sebanyak 612 alumni.

Visi

Jurusan Fisika FMIPA USU akan menjadi pilihan utama bagi masyarakat dan industri, dan akan berfungsi sebagai pusat konsultasi pendidikan dan kegiatan riset khususnya yang berhubungan dengan fisika, dan alumni Jurusan Fisika menyadari bahwa ilmu pengetahuan digunakan semata untuk kesejahteraan umat manusia.

Misi

Misi pendidikan: menyediakan fasilitas untuk memungkinkan mahasiswa memiliki kemampuan yang cukup untuk bekerja dalam bidang fisika murni/energi, fisika material, fisika elektronika/instrumentasi, dan fisika lingkungan/komputasi, dan mampu berpikir kreatif serta cepat tanggap dalam suatu masalah.

Misi riset: menyediakan fasilitas untuk memungkinkan mahasiswa memiliki kemampuan riset yang cukup dalam bidang fisika murni/energi, fisika material, fisika elektronika/instrumentasi, dan fisika lingkungan/ komputasi.

Misi Pengabdian pada Masyarakat: menyediakan fasilitas untuk membantu mahasiswa menyadari bahwa ilmu pengetahuan yang diperoleh semata digunakan untuk kesejahteraan manusia

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Internal, Fakultas, Universitas, Eksternal

FASILITAS