Ilmu dan Industri Peternakan - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Peternakan
Alamat Sekretariat : Jl. Fauna No. 3 Bulaksumur, Yogyakarta
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 513363    Telp2 :
Fax : (0274) 521578    Fax2 :
Email : fapet@ugm.ac.id
Website : http://fapet.ugm.ac.id
Nama Kepala Program Studi : ZUPRIZAL
Guru Guru Besar : ADIARTO
ENDANG BALIARTI
JOVITA MARIA ASTUTI
KRISHNA AGUNG SANTOSA
LIES MIRA YUSIATI
MOHAMMAD SOEJONO
NASROED
Jumlah Mahasiswa : 923
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 275
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 275

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Fakultas Peternakan UGM menawarkan satu program studi yaitu Program Studi Ilmu dan Industri Peternakan.

Program pendidikan dirancang dengan menyesuaikan paradigma baru pendidikan yaitu pembelajaran oleh mahasiswa (student learning) dan bukan lagi pada pengajaran oleh dosen (faculty teaching). Disamping itu secara berkelanjutan pembelajaran yang berbasis pada hasil-hasil penelitian yang mutakhir akan terus ditingkatkan. Dengan ini diharapkan hasil lulusan akan menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi sehingga mampu berfikir , bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan, mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimilikinya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat, serta mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi dalam dunia global.

Setelah menyelesaikan program pendidikan di Fakultas Peternakan UGM dan memenuhi semua persyaratan maka diberikan gelar kesarjanaan : Sarjana Peternakan, disingkat S.Pt.

Visi Menjadi fakultas unggul, mandiri, dan bermartabat, yang menyelenggarakan pendidikan ilmu dan industri peternakan yang berstandar, bertaraf internasional dan berjiwa Pancasila dengan mengutamakan kepentingan dan kemakmuran bangsa Indonesia.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu dan industri peternakan bertaraf internasional untuk menghasilkan lulusan yang bermoral dan berkualitas dalam rangka mencerdaskan bangsa dan membangun negara.
  2. Meningkatkan penyelenggaraan riset berbasis keunggulan lokal dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan.
  3. Melaksanakana pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  4. Mengembangkan organisasi fakultas untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan manajemen transparan, akuntabel dan berkualitas secara berkelanjutan.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Informasi Praktik Kerja Lapangan

Untuk memberikan bekal ketrampilan kepada mahasiswa, Fakultas Peternakan UGM mewajibkan setiap mahasiswa untuk melakukan PKL. PKL dapat dilakukan di perusahaan-perusahaan yang telah ditentukan oleh Fakultas, maupun perusahaan dan instansi lain yang diminati oleh mahasiswa dan disetujui oleh Fakultas.

Persyaratan untuk mengajukan PKL antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Telah memperoleh minimal 120 sks
  2. Tidak mempunyai nilai E
  3. IPK minimal = 2,00

 

Pengajuan PKL dilakukan dengan mengisi Form Permohonan Praktek Kerja lapangan (PKL). Waktu pelaksanaan PKL diatur pada waktu antar semester. Mahasiswa dapat melakukan PKL di luar waktu yang telah diatur, sepanjang tidak mengganggu kegiatan pendidikan mahasiswa yang bersangkutan.

PKL yang mempunyai bobot 3 sks berlangsung selama 96 jam atau sekitar 3 minggu. Setelah selesai melakukan PKL, dengan bimbingan seorang Pembimbing PKL yang ditunjuk oleh Fakultas, mahasiswa wajib menyusun Laporan PKL. Pada waktu yang telah ditentukan, setelah mahasiswa mengajukan form Permohonan Ujian PKL, mahasiswa akan diuji oleh Tim Penguji PKL, yang terdiri dari Pembimbing PKL dan 2 orang penguji lain yang sesuai dengan bidangnya.