Agroteknologi - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Pertanian
Alamat Sekretariat : Program Studi llmu Tanah Fakultas Pertanian USU Jalan Prof. A. Sofian 3 Kampus USU Medan Tel. Fax.
Kode Pos : 20155
Telp : +62 61 8223604    Telp2 :
Fax : +62 61 8212453    Fax2 :
Website : http://fp.usu.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : Dr. Ir. Abdul Rauf, M.P.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian USU bermula dari perintisan pembukaan Jurusan Agrogeologi (Pengelolaan Tanah) dan Jurusari Kesuburan Tanah. Kemudian pada tahun 1976 keduanya dilebur menjadi Jurusan Ilmu Tanah.Jurusan Ilmu Tanah mengasuh tiga Program Studi yaitu:Kesuburan Tanah, Klasifikasi Tanah, dan Pengawetan Tanah dan Air.

Program Studi Ilmu Tanah berada di dalam kelompok bidang llmu-ilmu Pertanian, mengasuh disiplin ilmu tentang Tanah, meliputi Klasifikasi Tanah dan Evaluasi Lahan; Kesuburan Tanah; Bioteknologi Tanah dan Konservasi Tanah dan Air. Lapangan kerja yang tersedia bagi alumni meliputi Balai Penelitian Pertanian, Perkebunan/PTPN atau Swasca, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Pekerjaan Umum (PU), Bank Pemerintah atau Swasta. Perguruan Tinggi dan Wiraswasta.

Visi

Pada tahun 2018 program studi ini mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, bersaing secara global, mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan lingkungan kerja, mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu tanah, khususnya manajemen lahan sistem pertanian yang berkelanjutan, berperan sebagai surnberdaya konsultasi/informasi dan rujukan bagi dunia usaha industri terutama di bidang usaha pertanian/agroindustri dan pengembangan wilayah.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang ilmu tanah untuk menghasilkan anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi, bertanggung jawab terhadap tantangan di masa depan, mampu menyelesaikan masalah dengan kreatif dan inovatif, mampu menangkap peluang dengan proaktif untuk keuntungan organisasi dan lingkungannya, mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi khususnya manajemen lahan dan peran improvisasi dan inovasi di bidang organisasi dan lingkungannya.

 
Menyelenggarakan penelitian dalam pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu tanah, khususnya manajemen lahan sistem pertanian yang berkelanjutan. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian terapan, kajitindak, teknologi tepatguna di bidang ilmu tanah, khususnya manajemen lahan sistem pertanian yang berkelanjutan.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA


Internal, Fakultas, Universitas, Eksternal

FASILITAS