Agribisnis - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Pertanian
Alamat Sekretariat : Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian/Agrobisnis Fakultas Pertanian USU Jalan Prof. A. Sofian 3 Kampus USU Medan
Kode Pos : 201l55
Telp : +6261 9223181    Telp2 :
Fax : +6261 8211924    Fax2 :
Website : http://fp.usu.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : Ir. Luhut sihombing, M.P

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (SEP)/Agrobisnis berada di bawah naungan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Berdirinya Jurusan SEP adalah seiring dengan berdirinya Fakultas Pertanian USU pada tanggal 16 November 1956.
 
Dalam masa jangka panjang ke depan (2000-2025) sektor pertanian masih merupakan sektor utama terpenting dalam perekonomian Indonesia baik sebagai penghasil barang (PDB), penghasil devisa dan pemberi kerja (employment). Dalam pengertian konsep agribisnis, pertanian mencakup sub sistem agroindustri hulu (agroinput), agroindustri hilir (pengolah hasil-hasil pertanian), kegiatan pemasaran (termasuk angkutan dan pergudangan), dan kegiatan-kegiatan penunjang (keuangan/perbankan, penelitian. pendidikan/penyuluhan, dan lain-lain). Agribisnis Indonesia diperkirakan akan memberikan kontribusi yang cukup besar pada PBD nasional. Berkembangnya sektor agribisnis ini akan membutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan yang handal dibidang agribisnis.
 
Salah satu sumber utama sumberdaya manusia yang profesional (aparat) di unit-unit agribisnis dan lembaga pendukung seperti penyuluhan dan penelitian berasal lulusan program studi SEP/Agribisnis Fakultas Pertanian. Lulusan program studi ini berkemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yaitu dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya, dalam kegiatannya produktif dan pelayanan kepada masyarakat khususnya pada masyarakat agribisnis.

Visi

Terwujudnya Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi guna peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan lingkungannya.

Misi

Untuk mendidik sarjana pertanian dengan keahlian agribisnis, sosial ekonomi pertanian yang profesional dalam unit-unit pertanian/agribisnis atau menjadi staf dalam lembaga-lembaga sosial ekonomi pertanian pada umumnya.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Internal/Fakultas Pertanian

FASILITAS