Teknik Mesin - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Jl. Grafika 2, Kampus UGM, Yogyakarta
Kode Pos : 55281
Telp : 0274-521673    Telp2 :
Email : tk-mesin@ugm.ac.id
Website : http://mie.ugm.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : JAMASRI
Guru Guru Besar : KHASANI
R RACHMAT A SRIWIJAYA
RINI DHARMASTITI
SUHANAN
Jumlah Mahasiswa : 756
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 150
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 150

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Pendidikan Program Sarjana Teknik Mesin ditujukan dan diarahkan pada lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut

a.       menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan,

b.       menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang keahlian tertentu sehingga menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam lingkup keahliannya,

c.       mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya,

d.       mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.

Visi MENJADI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI UNGGULAN YANG BERKOMITMEN TINGGI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN, AGAR MENGHASILKAN LULUSAN PROFESIONAL, BERKUALITAS INTERNASIONAL DI BIDANG MESIN DAN INDUSTRI, SERTA BERINTEGRITAS DAN BERMORAL PANCASILA SEHINGGA MAMPU MEMBERIKAN KONTRIBUSI MAKSIMAL DALAM KEGIATAN RISET DAN INOVASI DI BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI, DAN JUGA BERKOMITMEN TINGGI UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN NASIONAL DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DAN KEBUDAYAAN BANGSA
Misi A) MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN TINGGI BERKUALITAS DI BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI DENGAN INTI BIDANG TEKNIK MESIN DAN INDUSTRI DALAM RANGKA MENGHASILKAN LULUSAN YANG PROFESIONAL, BERKUALITAS INTERNASIONAL, BERINTEGRITAS DAN BERMORAL PANCASILA.

B) MELAKUKAN KEGIATAN RISET DAN INOVASI UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN BANGSA DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN UMAT MANUSIA.

C) MENJALIN KERJASAMA DAN KONTRIBUSI AKTIF DENGAN PERGURUAN TINGGI LAIN DAN INDUSTRI DI DALAM MAUPUN LUAR NEGERI, SERTA INSTANSI PEMERINTAH.

D) AKTIF BERPERAN SERTA DALAM BERBAGAI KEGIATAN INTERNASIONAL.

E) MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN SECARA BERTAHAP DAN BERKESINAMBUNGAN DENGAN MELIBATKAN SETIAP INDIVIDU.

F) MENINGKATKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT YANG BERORIENTASI PADA KESEJAHTERAAN RAKYAT.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi

Laboratory

Di lingkungan Jurusan Teknik Mesin dan Industri ada 10 laboratorium yang digunakan untuk mendukung perkuliahan dan penelitian. Laboratorium-laboratorium itu digunakan untuk praktikum mahasiswa S1, penelitian mahasiswa (S1, S2 dan S3), staff dosen dan institusi-institusi di dalam atau di luar UGM. Berikut ini adalah daftar laboratorium-laboratorium tersebut, untuk lebih detail silahkan klik profilenya.
  1. Akustik dan Getaran Mekanik
  2. Analisis Sistem Kerja dan Ergonomi
  3. Bahan Teknik
  4. Konversi Energi
  5. Mekanika Fluida
  6. Perancangan
  7. Perpindahan Kalor dan Massa
  8. Proses dan Sistem Produksi
  9. Simulasi dan Komputasi
  10. Teknologi Mekanik

Library

Perpustakaan Teknik Mesin dan Industri merupakan unit pendukung sivitas akademika dengan memberikan layanan kepustakaan. Keberadaan Perpustakaan diharapkan mampu mendukung tujuan Jurusan yaitu menjadi pusat layanan informasi yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan profesional dan berkualitas internasional dibidang mesin dan industri.
Perpustakaan TMI menyediakan koleksi berupa buku teks, buku referensi, jurnal, majalah ilmiah, majalah umum, koran, tabloid, laporan kerja praktek serta tugas akhir mahasiswa. Perpustakaan TMI menempati ruangan dengan luas 324 m2, dilengkapi dengan komputer untuk akses internet, serta fasilitas lain yang mendukung kenyamanan pemustaka civitas akademika Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM.
Luas ruang perpustakaan di Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM adalah 184 m2. Koleksi yang ada terdiri dari 2600 judul textbook, 261 reference book, 301 majalah dan jurnal ilmiah, 3091 laporan riset dan skripsi/tesis. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan fasilitas komputer sebanyak 3 unit. 1 unit berfungsi untuk mencari buku referensi, dan 2 yang lainnya memiliki fasilitas internet yang dapat digunakan oleh mahasiswa unutk kepentingan perkuliahan. Ruang yang ber-AC, membuat mahasiswa betah untuk berlama-lama di dalamnya, baik untuk keperluan meminjam dan membaca buku, mengakses internet, mengerjakan tugas, bahkan hanya untuk membaca koran.