Teknik Kimia - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Teknik
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 902170    Telp2 : (0274) 902171
Fax : (0274) 902170, 2    Fax2 : (0274) 555320
Email : department@chemeng.ugm.ac.id
Website : http://www.chemeng.ugm.ac.id
Nama Kepala Program Studi : SURYO PURWONO
Guru Guru Besar : SRI WARNIJATI
AGUS PRASETYA
BUDIJANTO
MUSLIKHIN HIDAYAT
RAHMAN S
SHOLEH MA'MUN
Jumlah Mahasiswa : 543
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 150
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 150

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Antara tahun 1946 sampai 1952 Bagian Kimia mengalami kekurangan tenaga dosen, alat dan buku, di samping kesulitan sebagai akibat langsung penjuangan kemerdekaan. Dengan adanya bantuan beberapa tenaga asing dan perhatian Pemerintah yang serius pada tahun 1955 dihasilkan lulusan-lulusan pertama. Keadaan lebih membaik lagi dengan University of California Los Angeles Gadjah Mada Engineering Project, yang berlaku efektif dari tahun 1957 sampai tahun 1966. Penyediaan tenaga Dosen, alat dan buku disamping pengiriman Dosen ke luar negeri untuk tugas belajar berjalan dengan baik. Pada tahun 1959 Bagian Kimia menjadi Bagian Teknik Kimia dengan pemantapan kurikulum yang bersifat mendasar dengan lama pendidikan tetap 4 tahun. Perluasan kurikulum menjadi 5 tahun terjadi pada tahun 1962/1963. Kurikulum 5 tahun ini mula-mula menuntut 192 SKS untuk pendidikan Sarjana Teknik Kimia yang kemudian dikurangi menjadi 186 SKS. Antara tahun 1980 sampai dengan 2000 Jurusan Teknik Kimia menganut program S-1 yang menuntut 160 SKS untuk Sarjana Teknik Kimia yang terbagi dalam 9 semester. Untuk kurikulum tahun 2000 (berlaku 2000-2006) dan kurikulum 2006 (berlaku 2006-2011), Jurusan Teknik Kimia memberlakukan 148 SKS yang terbagi dalam 8 semester.

Saat ini Jurusan Teknik Kimia FT-UGM adalah salah satu Jurusan Teknik Kimia yang terbaik di Indonesia terbukti dengan akreditasi A dari BAN dan dimenangkannya berbagai proyek hibah kompetisi dari DIKTI mulai dari Quality of Undergraduate Education (QUE) dari tahun 2000-2004 dan Proyek Hibah Kompetisi B (PHK B) dari tahun 2006 – 2008.

Visi Menjadi institusi pendidikan berbasis riset terkemuka di tingkat internasional yang memberikan kontribusi nyata bagi sustainable development menuju kemakmuran bangsa dan menghasilkan lulusan bermoral baik, berwawasan nasional, berkualitas internasional, serta mempunyai fleksibilitas dalam pengembangan diri.
Misi
  1. Mendidik mahasiswa dengan sistem pembelajaran berorientasi student learning agar dihasilkan lulusan dengan penalaran yang baik untuk life-long learning.
  2. Mengembangkan riset untuk pemecahan permasalahan riil di masyarakat dan dunia industri serta pengolahan sumber daya alam secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat dalam kerangka sustainable development.
  3. Memperkuat dan memperluas jejaring internasional untuk mempertebal atmosfer internasional dalam semua aktivitas Jurusan.
  4. Membangun atmosfer akademis yang kondusif untuk pengembangan kepribadian dan wawasan technopreneurship (entrepreneurship berbasis teknologi).
  5. Membekali lulusan untuk memiliki kemauan dan keahlian dalam pemanfaatan potensi sumber daya alam Indonesia secara berkelanjutan serta kepedulian tinggi terhadap pelestarian lingkungan.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi Laboratorium & Studio:

1.    Laboratorium Praktikum Analisis Bahan

Laboratorium ini khusus diperuntukkan untuk pelaksanaan praktikum dasar yang mendasari kegiatan-kegiatan praktikum dan penelitian lanjut. Kegiatan praktikum di laboratorium ini ditekankan pada analisis fisis dan kimia bahan-bahan industri organik.
 
2.    Laboratorium Praktikum Proses

Laboratorium ini merupakan kelanjutan dari kegiatan di Laboratorium Praktikum Analisis Bahan. Mahasiswa dilatih untuk melakukan analisis fisis dan kimia bahan-bahan industri organik dan melakukan proses-proses teknik kimia sederhana.
 
3.    Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalisis

Laboratorium ini digunakan untuk penelitian mahasiswa S1 dan S2 dalam bidang Proses Kimia. Penelitian-penelitian di laboratorium ini difokuskan pada upaya mengubah bahan-bahan baku (terutama bahan-bahan alam Indonesia) atau sisa proses industri melalui proses kimia menjadi bahan-bahan yang lebih bermanfaat dan aman bagi manusia. Beberapa penelitian terapan bekerjasama dengan industri kimia semacam PT. Petrokimia Gresik, PT. Kertas Leces maupun penelitian melalui dana kompetitif dari Pemerintah RI semacam Hibah Bersaing dan Riset Unggulan Terpadu (RUT) telah dan sedang dikerjakan di Laboratorium ini. Staf laboratorium ini juga memberikan pelayanan kepada industri atau masyarakat dalam bentuk analisis kimia berbagai jenis sampel, bimbingan dan konsultasi proses kepada baik industri kecil maupun besar.
 
4.    Laboratorium Proses Pemisahan

Laboratorium Operasi Teknik Kimia (Lab OTK) digunakan baik untuk praktikum maupun penelitian mahasiswa-mahasiswa S1 dan S2. Penelitian-penelitian di laboratorium ini berkaitan dengan proses-proses pemisahan (pemurnian), proses transfer massa dan panas, mekanika fluida dan penyebaran bahan kimia di alam (chemodynamics), serta produksi fine chemicals (misalnya minyak nilam, eugenol, natural blue indigo, dll) dari sumber daya alam Indonesia. Staff Lab OTK berpengalaman dalam melakukan penelitian terapan hasil kerjasama dengan industri kimia seperti P.T. Pupuk Kalimantan Timur, P.T. Petrokimia Gresik, dan PT. Chevron Pacific Indonesia. Staf laboratorium ini juga terlibat dengan berbagai penelitian yang melibatkan dana kompetitif dari pemerintah semacam Hibah Bersaing, Penelitian Dasar dan URGE. Selain itu juga memberikan pelayanan kepada masyarakat dan industri dalam bidang proses pemisahan, optimasi proses dan energi.
 
5.    Laboratorium Teknologi Minyak Bumi, Gas, dan Batubara

Laboratorium ini kebanyakan digunakan untuk melaksanakan penelitian yang berhubungan dengan berbagai aspek dari teknologi perminyakan mulai proses-proses hulu seperti aliran melalui media berpori, pemisahan emulsi minyak-air, pembuatan bahan surfactant untuk enhanced oil recovery hingga proses hilir semacam pembuatan katalis untuk proses pengolahan minyak bumi, produksi bahan bakar cair dari gas, dan teknologi produksi bahan bakar cair dari batubara. Staf laboratorium ini telah terlibat dalam berbagai penelitian bergengsi dengan dukungan dana industri seperti Pertamina maupun dana kompetitif dari Pemerintah RI semacam Riset Unggulan Terpadu (RUT), Riset Unggulan Terpadu International (RUTI) dan Hibah Bersaing. Laboratorium ini juga delengkapi banyak alat-alat analisa standar ASTM, sehingga mampu memberikan servis kepada industri menengah maupun besar yang memerlukan jasa analisa sampel minyak bumi, aspal, gas dan batubara.
 
6.    Laboratorium Teknologi Keramik dan Komposit

Laboratorium Teknologi Keramik digunakan untuk penelitian yang berhubungan dengan teknologi keramik semacam semen, bahan konstruksi, bahan pelapis anti korosi dan berbagai pengembangan material-material baru pendukung teknologi industri kimia dari berbagai bahan baku yang ada dari hasil pertanian dan bahan galian Indonesia. Staf laboratorium ini telah terlibat dalam berbagai penelitian dengan dukungan dana dari industri di antaranya PT. Freeport hingga dana penelitian kompetitif Riset Unggulan Terpadu (RUT). Laboratorium ini juga memberikan pelayanan pemeriksaan berbagai material baik untuk para pengrajin keramik hingga industri. Laboratorium ini digunakan untuk penelitian baik mahasiswa S1 maupun S2.
 
7.    Laboratorium Teknik Pangan dan Bioproses

Laboratorium ini merupakan integrasi antara teknik pangan dan teknik bioproses (proses-proses yang melibatkan mikroorganisme) karena bioproses memang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari industri pangan sejak awal berkembangnya sektor ini. Aspek bioproses yang dikembangkan di laboratorium ini tidak terbatas pada proses produksi pangan tetapi mencakup bidang yang lebih luas, termasuk energi dan lingkungan. Fokus pengembangan laboratorium ini adalah produksi specialty and biorenewable chemicals/materials dalam konteks sustainable development (pengembangan industri kimia yang memperhatikan keberlanjutan dalam hal penyediaan bahan baku/energi dan daya dukung lingkungan). Laboratorium ini merupakan laboratorium riset untuk mahasiswa S1, S2, dan S3. Penelitian para mahasiswa ini didanai oleh project riset para dosen yang tergabung dalam laboratorium ini, yaitu antara lain dari BBI, URGE Young Academic II, Hibah Bersaing IX, Riset Unggulan Terpadu (RUT) IV, RUT XI, Riset Unggulan Terpadu Internasional (RUTI) IV (bekerja sama dengan Chalmers University of Technology dan University College of Boras di Swedia), L’Oreal-UNESCO Fellowship for Women in Science 2007, dan sebagainya. Selain itu, laboratorium ini juga melayani industri kecil dan menengah (IKM) di bidang produksi pangan, misalnya peningkatan kualitas minyak kelapa rakyat, gula merah, susu bubuk, pembuatan serbuk royal jelly, dan sebagainya.
 
8.    Laboratorium Teknologi Polimer

Laboratorium ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa S1 maupun S2 untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan teknologi polimer baik yang bersifat fundamental maupun eksploratif. Topik-topik penelitian yang sedang dijalankan meliputi sintesa bahan polimer untuk proses enhanced oil recovery (EOR), proses konversi limbah plastik menjadi bahan kimia yang bermanfaat, pengembangan bahan biodegradable plastics. Staf laboratorium ini telah terlibat dalam berbagai penelitian yang cukup bergengsi dengan dukungan dana melalui Riset Unggulan Terpadu, Hibah Bersaing, Riset Unggulan Terpadu International (RUTI). Dan secara reguler juga memberikan konsultasi teknis ke berbagai industri yang melibatkan polimer seperti P.T. Pura Barutama.
 
9.    Laboratorium Konversi Energi dan Pencegahan Pencemaran

Laboratorium ini digunakan untuk penelitian mahasiswa S1 dan S2 yang berhubungan dengan berbagai teknologi bagi industri kimia. Staf laboratorium ini sedang terlibat dengan berbagai penelitian yang berhubungan dengan pengambangan bahan-bahan untuk pembuatan ban, pembuatan bahan bakar diesel (biodiesel) dari produk pertanian dan teknologi penyimpanan energi termal. Proyek–proyek penelitian tersebut dijalankan dengan dukungan dana melalui Riset Unggulan Terpadu (RUT) dan Hibah Bersaing.
 
10.    Laboratorium Analisis dengan Instrumen

Laboratorium ini memberikan melayani kebutuhan analisa untuk penelitian mahasiswa baik S1 maupun S2, staf maupun institusi lain dan industri. Dengan dilengkapi alat-alat analisis maju semacam gas chromatograph (GC), atomic absorption spectrophotometer (AAS), Fourier Transform Infra Red Resonance (FTIR), UV-Vis Spectrophotometer, BET surface area, laboratorium ini mampu memberikan pelayanan yang luas untuk analisa dan karakterisasi bahan-bahan dan hasil penelitian.
 
11.    Laboratorium Komputasi

Dilengkapi dengan 3 buah server dan sambungan internet, serta mendekati 40 personal komputer, laboratorium ini mampu menjadi tulang punggung keperluan komputasi dan komunikasi bagi seluruh mahasiswa dan dosen Jurusan Teknik Kimia. Ketiga server di laboratorium ini juga dihubungkan keseluruh komputer yang ada di laboratorium penelitian, ruang dosen dan kantor Jurusan Teknik Kimia. Laboratorium ini juga digunakan secara reguler untuk praktikum pemrogaman komputer, pelatihan penggunaan software, pencarian informasi dan pengerjaan tugas akhir mahasiswa.

 
12.    Studio Distance Teaching

Studio ini dilengkapi dengan sejumlah komputer yang tersambung ke internet, dilengkapi dengan system rekaman audio visual dan on-line distance teaching. Dapat digunakan sebagai pendukung “distance teaching”, baik menggunakan WEBCT system maupun on-line teleconference system. Studio ini menghubungkan Teknik Kimia UGM dengan University of Reading – Inggris dan University of Boras – Swedia dalam rangka penyelenggaraan kuliah bersama program MTBEE. Kapasitas kelas dengan sambungan internet sebanyak 12 line.
 
13.    Studio Simulasi Proses dan Perancangan Pabrik Kimia

Studio ini dilengkapi dengan beberapa komputer yang tersambung ke internet dan dilengkapi software commercial untuk perancangan dan simulasi pabrik kimia. Studio ini diperuntukkan terutama bagi mahasiswa tingkat akhir untuk pengerjaan Tugas Perancangan Pabrik Kimia. Studio Tugas Akhir juga bisa digunakan untuk mengerjakan proyek-proyek perancangan pabrik skala industri dan pelatihan untuk operator dan insinyur pabrik kimia.


Perpustakaan (Ruang baca)

Perpustakaan Jurusan Teknik Kimia dilengkapi dengan berbagai jenis buku-buku keteknikimiaan, keteknikan, dan pengetahuan umum. Perpustakaan juga dilengkapi dengan jurnal, laporan penelitian, laporan kerja praktek dan laporan tugas perancangan pabrik oleh mahasiswa. Untuk membantu kelancaran dan kenyamanan pengguna (mahasiswa), perpustakaan dikelola oleh dua orang pegawai yang siap melayani kebutuhan mahasiswa. Untuk kenyamanan pengguna, perpustakaan dilengkapi dengan AC. Untuk memperlancar pelacakan atau pencarian materi, perpustakaan dilengkapi dengan satu set komputer yang berisi database judul-judul buku, jurnal, laporan, dan koleksi lain yang dimiliki oleh perpustakaan.

Koleksi, pelayanan dan prosedur untuk menjadi anggota perpustakaan

Beberapa tahun terakhir, banyak sekali bantuan pembelian buku-buku baru yang berasal dari program QUE project, Hibah B, Hi-Link project dan sumber dana lain. Koleksi buku-buku terbaru berkaitan dengan keteknikkimiaan, keteknikan dan pengetahuan umum tersedia di perpustakaan. Perpustakaan Jurusan Teknik Kimia UGM melayani anggota maupun non anggota perpustakaan dengan baik. Untuk menjadi anggota, syarat utamanya adalah terdaftar menjadi mahasiswa, pegawai atau staf pengajar di Jurusan Teknik Kimia FT UGM.

Fasilitas Internet

Jurusan Teknik Kimia telah menyediakan access point di beberapa posisi sehingga diharapkan mahasiswa dapat mengakses jaringan internet dengan baik dan lancar di seluruh area Jurusan Teknik Kimia. Selain itu Jurusan juga menyediakan banyak komputer yang terhubung dengan internet sehingga bagi mahasiswa yang tidak mempunyai laptop tetap bisa memanfaatkan jaringan internet. Keterbatasan untuk penggunaan komputer adalah belum dapat digunakan 24 jam mengingat ruang komputer tutup diluar jam kantor.