Teknik Geodesi - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Jl. Grafika 2, Kampus UGM, Yogyakarta
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 6492121    Telp2 :
Fax : (0274) 520226    Fax2 :
Email : geodesi@ugm.ac.id
Website : http://geodesi.ugm.ac.id
Nama Kepala Program Studi : SUBARYONO
Guru Guru Besar : ARYONO PRIHANDITO
CHRISTINE NOEGROHO KARTINI
DJAWAHIR
DJURDJANI
HADIMAN
Jumlah Mahasiswa : 462
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 100
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 100

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu dari delapan Jurusan yang ada di lingkungan Fakultas Teknik UGM. Pada awal berdirinya yaitu pada bulan Agustus tahun 1959 masih merupakan program studi gabungan dengan program studi Teknik Geologi yang bernama Bagian Teknik Geodesi dan Geologi. Pada tahun 1962, berdasar UU No. 22 Tahun 1961, Bagian Teknik Geodesi dan Geologi dipecah menjadi dua bagian yaitu Bagian Teknik Geodesi dan Bagian Teknik Geologi yang masing-masing berdiri sendiri-sendiri. Sejak awal berdirinya sampai dengan tahun 1979, sistem pendidikan di Fakultas Teknik UGM (termasuk di Bagian Teknik Geodesi) menggunakan sistem paket yang dikenal dalam beberapa tingkatan studi yaitu tingkat Propaedeuse, tingkat Kandidat, tingkat Doctoral I (Sarjana Muda/B.Sc.), dan tingkat Doctoral II (Insinyur). Pada tahun 1980, berdasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0214/U/1979, Bagian Teknik Geodesi berubah menjadi Jurusan Teknik Geodesi dengan memberlakukan kurikulum baru 1980 yang untuk pertama kalinya menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS).

Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik UGM saat ini memiliki staf dosen sebanyak 34 orang, dengan rincian 3 orang Doktor (S3), 28 orang Magister (S2), dan 3 orang berpendidikan S1. Saat ini 9 orang sedang mengikuti program Doktor dengan rincian 4 orang di Malaysia, 1 orang di Belanda dan 4 orang di UGM. Selain itu ada 2 orang yang sedang studi magister di Malaysia. Sesuai dengan penilaian BAN (Badan Akreditasi Nasional), program studi S1 Teknik Geodesi Fakultas Teknik UGM mendapat peringkat "A".
Visi Menjadi institusi atau jurusan yang handal bertaraf internasional dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang teknik geodesi dan geomatika, menghasilkan lulusan yang profesional, berkualitas, berbudaya, beretika dan bermoral.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang efisien, produktif dan berkesinambungan di bidang geodesi dan geomatika untuk mendukung pengembangan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan mendayagunakan hasil-hasil temuan ilmiah dalam kerangka pengembangan ilmu pengetahuan dan penerapannya untuk kemanusiaan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang selaras dengan falsafah Universitas Gadjah Mada dengan mendayagunakan sumberdaya yang ada secara maksimal dalam kondisi kehidupan akademik yang sehat.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri dalam rangka tri dharma perguruan tinggi.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia