Teknik Elektro - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Jalan Grafika No 2, Kampus UGM Yogyakarta 55281 Telp. (0274) 552305, 902202 Fax. (0274) 552305 Email: tute@te.ugm.ac.id ,akademik@te.ugm.ac.id
Telp : (0274) 552305    Telp2 : (0274) 902202
Fax : (0274) 552305    Fax2 :
Email : tute@te.ugm.ac.id, akademik@te.ugm.ac.id
Website : http://www.te.ugm.ac.id
Nama Kepala Program Studi : TUMIRAN
Guru Guru Besar : ADHI SUSANTO
HAMZAH BERAHIM
AKHMAD SYOFIAN
JANIANTON DAMANIK
JOHANNES NICOLAAS WAROUW
Jumlah Mahasiswa : 1092
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 250
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 250

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Tujuan teknik elektro adalah menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan pengetahuannya dalam menyelesaikan masalah keteknikelektroan yang dihadapinya, mengembangkan potensinya untuk mengikuti perkembangan teknologi, dan memiliki integritas, sikap mental, dan profesionalisme yang mendukung profesi yang ditekuninya.
Visi Menjadi pusat keunggulan dalam Bidang Ilmu Teknik Tenaga Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kendali, Teknik Sistem Komputer dan Teknik Informatika
Misi a. Mengembangkan paradigma baru dalam pendidikan teknik elektro yang menitik beratkan pada dimensi energi, isyarat dan informasi

b. Menghasilkan lulusan yang dapat berkompetisi di pasar global

c. Melaksanakan penelitian dan pelayanan di bidang energi, isyarat dan informasi

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi

1. LAB. TEKNIK ELEKTRO DASAR
  Laboratorium ini mengkelola kegiatan praktika Teknik Elektro Dasar yang memberikan pemahaman melalui pengamatan di Laboratorium bagi mahasiswa di tahun pertama. Laboratorium ini juga mendukung kegiatan-kegiatan penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
 
2. LAB. ELEKTRONIKA DASAR
  Laboratorium ini mengkelola kegiatan praktika Dasar Elektronika bagi seluruh mahasiswa, dan mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
 
3. LAB. INSTALASI LISTRIK
  Laboratorium ini mengkelola kegiatan praktika Teknik Instalasi Listrik bagi seluruh mahasiswa. Juga dapat dimanfaatkan untuk penelitian dan pengabdian pada masya-rakat
 
4. LAB. TEKNIK TENAGA LISTRIK
  Tugas laboratorium ini adalah mengkelola kegiatan praktika dalam bidang konversi energi listrik, pengendali mesin-mesin listrik, dan praktika transformator. Laboratorium ini juga dapat dimanfaatkan untuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
 
5. LAB. TEKNIK TEGANGAN LISTRIK
  Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh laboratorium ini meliputi pengujian sistem isolasi tegangan tinggi, pengujian peralatan tegangan tinggi, baik untuk pelaksanaan praktika maupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
 
6. LAB. SISTEM DIGITAL
  Kegiatan praktika di laboratorium ini meliputi Sistem Digital, transfer data, pemrograman p dan I/O, Teknik Interupsi dan pengembangan untai kombinatorial dan sekuensial.
 
7. LAB. INFORMATIKA DAN KOMPUTER
  Laboratorium ini mengkelola kegiatan praktika dalam bidang teknik komputer dasar, pemrograman komputer dan struktur data, penelitian dan pengembangan sistem komputer (perangkat keras dan perangkat lunak), penerapan metodologi kecerdasan buatan/sistem pakar dalam berbagai bidang, aplikasi grafika komputer dan antarmuka grafis. Juga untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
 
8. LAB. INSTRUMENTASI DAN KENDALI
  Kegiatan yang dicakup adalah praktika servomekanika dan instrumentasi industri, pengembangan peralatan dan sistem instrumentasi, teknik kendali berdasar mikroprosesor, penelitian kepekaan, dan pengembangan perangkat lunak untuk pengendalian. Laboratorium ini mendukung kegiatan penelitian mahasiswa dan staf pengajar.
 
9. LAB. TELEKOMUNIKASI DAN TEKNIK FREKUENSI TINGGI
  Kegiatan di laboratorium ini mencakup praktika Teknik Telekomunikasi dan Frekuensi Tinggi dengan pengenalan peralatan-peralatan telekomunikasi dasar dan lanjut, dan digital, serta peralatan frekuensi tinggi. Laboratorium ini juga dapat mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang komunikasi.
 
10. LAB. ELEKTRONIKA LANJUT
  Laboratorium ini menyelenggarakan kegiatan praktika Elektronika Lanjut (Analog dan Digital) bagi mahasiswa tingkat menengah dan mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan untai-untai elektronis untuk sistem komunikasi dan instrumentasi.
 
11. LAB. SISTEM ELEKTRONIS
  Kegiatan yang diselenggarakan mencakup penelitian dalam bidang telekomunikasi, penelitian tentang isyarat dan informasi, pengolahan isyarat dan citra, dan pengujian peralatan komunikasi. Laboratorium ini berorentasi pada kegiatan penelitian para mahasiswa tingkat akhir dan staf pengajar.
 
12. LAB. TRANSMISI DAN DISTRIBUSI
  Laboratorium ini dikembangkan untuk memberikan pemahaman praktis tentang watak operasi sistem tenaga dalam keadaan normal dan dalam keadaan gangguan. Juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
 

Teknik Elektro UGM memiliki ruang referensi yang dapat di akses oleh mahasiswa dan Umum. Ada beranekaragam buku di ruang referensi, yang pada intinya dapat diklasifikasikan menurut "jenis" dan "bidang konsentrasi".

Untuk Informasi lebih detail, silakan datang langsung ke ruang referensi Fakultas Teknik Elektro UGM, atau silakan klik "referensi".