Perencanaan Kota - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Jl. Grafika 2, Sekip, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 580092    Telp2 : (0274) 9023320 - 2
Fax : (0274) 580854    Fax2 :
Email : archugm@indosat.net.id
Website : http://www.archiplan.ugm.ac.id
Nama Kepala Program Studi : SUDARYONO
Guru Guru Besar : GUNUNG RADJIMAN
AGAM MARSOYO
DEVA FOSTERHAROLDAS SWASTO
DIDIK KRISTIADI
DODDY ADITYA ISKANDAR
Jumlah Mahasiswa : 317
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 60
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 60

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Tujuan Program Studi Perencanaan Kota dan Daerah FT UGM adalah menghasilkan sarjana teknik arsitektur yang memenuhi syarat sebagai seorang sarjana teknik sesuai dengan tujuan program sarjan teknik serta mempunyai kemampuan:

1. Secara substansi mampu mengembangkan ide-ide atau pemikiran perencanaan untuk menghasilkan rencana kota atau daerah,
2. Secara teknis mampu menyajikan produk-produk perencanaan kota dan daerah, dan
3. Secara proses mampu melakukan kerjasama dengan ahli-ahli lain dalam suatu tim kerja.

Visi (i) PEKA TERHADAP PERUBAHAN

(ii) BERORIENTASI PADA NILAI-NILAI EMANSIPATORIS ATAS SUMBERDAYA (RUANG,MANUSIA,SOSIAL-BUDAYA,EKONOMI DAN FISIK

(iii) SELALU MENGEMBANGKAN BASIS JARINGAN (LOKAL,NASIONAL,GLOBAL), DAN (iv) PEDULI PADA NILAI-NILAI KERAKYATAN SERTA PEMBERDAAN DAERAH.
Misi MENGHASILKAN SARJANA PERENCANAAN YANG BERANI MEMBANGUN PERSONAL VIEW SERTA MEMILIK : (i) WAWASAN KERAKYATAN, (ii) KEMAMPUAN MEMBACA FENOMENA AKTUAL, (iii) KEMAMPUAN ANALITIK, (iv) KEMAMPUAN MERUMUSKAN RENCANA-RENCANA KONTEKSTUAL MAUPUN KOMPREHENSIF, MELALUI PROSES PEMBELAJARAN YANG EMANSIPATIF DAN INTERAKTIF.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi Bengkel Kayu

Computer Lab

Jurusan Arsitektur Universitas Gadjah Mada mempunyai laboratorium komputer yang hanya dapat diakses oleh mahasiswa jurusan arsitektur dan perencanaan universitas Gadjah Mada.

Laboratorium ini dilengkapi dengan komputer berspesifikasi tinggi dan fasilitas internet bagi mahasiswa dan dikelola oleh Unit IT Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Universitas Gadjah Mada
serta ditujukan bagi mahasiswa sebagai fasilitas dalam mempelajari software dan program-program yang mendukung dalam proses perancangan.

Perpustakaan

Unit Referensi merupakan unit pendukung akademik yang menyediakan layanan kepustakaan yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan proses belajar mengajar, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Unit Referensi T. Arsitektur FT UGM menyediakan berbagai macam bahan-bahan pustaka seperti buku-buku teks, literature, referensi, jurnal, majalah ilmiah, majalah umum, koran maupun koleksi laporan tugas akhir mahasiswa laporan penelitian dosen, maupun laporan kerja praktek mahasiswa.

Untuk lebih jelasnya dapat dikunjungi di lib.archiplan.ugm.ac.id

Kegiatan Unit Penerbitan

Unit Penerbitan JUTAP FT UGM mengelola kegiatan-kegiatan yang erat kaitannya dengan penerbitan. Saat ini kegiatan yang menjadi inti unit ini adalah penerbitan Jurnal Arsitektur dan Perencanaan (JAP),. Selain itu, beberapa kegiatan ke depan yang direncanakan adalah pengoleksian dan penerbitan hasil karya mahasiswa, penerbitan bahan ajar, serta perintisan penerbitan tulisan-tulisan yang erat kaitannya dengan ilmu arsitektur dan perencanaan lainnya.

Jurnal Arsitektur dan Perencanaan (JAP)

Jurnal Arsitektur dan Perencanaan (JAP) diterbitkan pertama kali tahun 2004 oleh Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Sesuai dengan namanya, jurnal ini mempunyai misi sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang arsitektur dan perencanaan. Area tulisan dalam jurnal ini sangat luas, mulai dari teknologi bangunan, arsitektur, disain kota, sampai perencanaan lingkungan kota, dan beberapa derivasinya. Cakupan penulisan mulai dari teori maupun praktik yang ditulis dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah yang baik dan benar. JAP direncanakan terbit 2 kali dalam setahun.