Teknik Planologi - Universitas Islam Bandung

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Islam Bandung
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Jl. Taman Sari No. 1 Bandung 40116
Telp : (022) 4205546 Pes. 204    Telp2 : (022) 923 68 503
Fax : (022) 4263895    Fax2 :
Email : planologi_unisba@yahoo.com
Website : http://planologi.unisba.ac.id

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Program Studi Perencanan Wilayah dan Kota (PS-PWK) UNISBA merupakan salah satu dari 20 jurusan/program studi yang ada di Universitas Islam Bandung. Semua fakultas tersebut menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk program jenjang S1 secara reguler dengan status terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Selain itu tiap fakultas mewisuda mahasiswanya tiga kali dalam setahun.Untuk PS-PWK tidak melaksanakan program kelas jauh atau kelas yang dipadatkan dan tidak pula dalam masalah sengketa. Sementara PS PWK memiliki 23 orang dosen tetap. Dari jumlah tersebut 3 orang berpendidikan S-1, 17 orang S-2, dan S3 sebanyak 3 orang. Dimana dari ke 17 orang S2 , 6 orang diantaranya sedang dalam proses pendidikan S-3. Berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No SK.0670/Ak-VII-S1-028/UIBLCI/VII/2004, PS- PWK UNISBA mendapatkan nilai akreditasi B.

Riwayat Jurusan/Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

Program Studi Perencanan Wilayah dan Kota (PS-PWK) UNISBA berdiri sejak tahun 1973. PS-PWK merupakan "cikal-bakal" dari Fakultas Teknik Pembangunan Masyarakat (FTPM) Tahun 1974, FTPM berubah menjadi Jurusan Planologi Desa.

Pada tahun 1986 berubah menjadi Jurusan Teknik Planologi, dengan status terdaftar (SK Mendikbud No. 028/0/1986). Pada tahun 1989 kurikulum yang ada di Jurusan Teknik Planologi Unisba disesuaikan dengan kurikulum nasional dan konsorsium kurikulum teknologi. Tahun 1991 memperoleh status diakui (SK Mendikbud No. 095/0/1991). Pada tahun 1998 dan tahun 2004 mendapat akreditasi B sesuai SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.SK.0670/Ak-VII-S1-028/UIBLCI/VII/2004.

Hubungan antar jurusan dalam satu fakultas dilakukan dengan mengadakan kerjasama dalam praktikum dan perkuliahan, seperti kerjasama PSPWK dengan jurusan Teknik Pertambangan pada Mata Kuliah Geologi Teknik dan Lingkungan serta dengan Teknik Industri pada Mata Kuliah Teknologi Informasi. Hubungan antar fakultas dilakukan dengan mengadakan kerjasama dalam perkuliahan (Pendidikan Agama Islam) dan penelitian bersama (penelitian mengenai persampahan-bekerjasama dengan fakultas Ilmu Komunikasi).
Visi
Menjadi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota yang unggul, terpercaya dan bermartabat, dan bersama institusi lainnya memimpin bangsa Indonesia menuju kesatuan, kemandirian dan kesejahteraan

Misi
Memandu kemajuan dan perubahan dalam perencanaan wilayah dan kota melalui pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif dan berkualitas, sejalan dengan perkembangan global dan tantangan lokal

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi - Laboratorium
- Gedung kuliah
- Studio perencanaan
- Perpustakaan