ARTIKEL


Seminar 'Kajian Kehidupan dan Filsafat Wayang'

Event Kampus

Sudjiwotedjo Mendalang di UGM

News Logo

Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan pagelaran wayang yang tidak biasa dengan melakukan pementasan pada siang hari. Pementasan wayang ini dilakukan di sela-sela acara seminar ‘Kajian Kehidupan dan Filsafat Wayang: Konsep dan Aplikasinya bagi Bangsa dan Kemanusiaan’ dengan mengundang dalang Sudjiwotedjo yang selalu melemparkan kritik sosial dalam setiap pementasannya.

Dalam pementasan ini, Sudjiwotedjo melakukan kritik kepada pemerintah yang menurutnya kurang memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakt. Selain itu, Sudjiwotedjo menyampaikan keprihatinannya bahwa generasi muda pada saat ini semakin enggan menonton wayang, padahal dalam pementasan wayang, banyak penyampaian pesan nilai-nilai dan ajaran moral yang baik digali dari kebudayaan sendiri.



"Sekarang tidak ada lagi istilah sedikit bicara banyak bekerja, tapi harus banyak kerja dan bicara, dan semuanya itu tetap berisi. Ini ajaran Bung Karno lho. Ya ngomong, ya kerja. Saya juga cukup prihatin atas yang terjadi kepada generasi muda sekarang ini. Tidak ada remaja yang suka wayang seperti yang kupentaskan, kecuali wayang OVJ," ungkap Sudjiwotedjo dikutip dari laman UGM.

Sementara itu, Dekan Filsafat UGM Dr. M. Mukhtasar Syamsuddin mengatakan, wayang dapat menjadi media untuk menyampaikan kritik sosial sekaligus memberikan pendidikan bagi masyarakat untuk selalu responsif terhadap permasalahan sosial.

"Wayang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Wayang bisa digali souvenir pernikahan untuk merespon kebutuhan pemerintah tentang pendidikan karakter yang bisa diaplikasikan dalam setiap jenjang pendidikan," ungkap Mukhtasar.

Seminar tersebut digelar oleh Program Pascasarjana Ilmu Filsafat UGM, Yayasan Kertagama dan DPH Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi)Yayasan Kertagama dan DPH Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi). Daalam seminar ini menghadirkan pembicara dosen Fakultas Filsafat UGM Drs Slamet Sutrisno MSi, P Hardono Hadi, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Dr Musa Asy’arie dan Ketua Yayasan Kertagama Sri Teddy Rusdy.(Wishnu)


Kirim Print


Comments

Hariyansyah | 01/01/1970 07:00

Permisi, mohon maaf numpang pasang iklan ya...

DIBUTUHKAN SEGERA “FACILITY ENGINEER “
WALK IN INTERVIEW / INTERVIEW LANGSUNG………..!!!

PT. SOS-Human Resources Provider bekerjasaman dengan PT. XL Axiata Tbk, membuka kesempatan Kerja untuk pr

hamim ridwan | 01/01/1970 07:00

wah snggu kren acaranya,,
jikalau blh, mhn sy dan tmn2 d kasih tau gmn carnya bsa ngadain acr gtu...? trimksih
dan mhn bntuan sambungan komunksiny k bliau yg mnjd tmu2nya


Comment Reply

Nama
Email
Website
Comment
Captcha