ARTIKEL


Tips

Tips & Trick

Cara Memilih Buku

News Logo

Hobi membaca? Biasanya mereka yang hobi membaca juga hobi berburu dan mengoleksi berbagai macam buku. Mungkin tak hanya dengan membeli, tetapi juga memburunya di perpustakaan. Namun sering kali sesampainya di perpustakaan justru bingung, "Hmm...buku apa ya, yang saya cari?". Beberapa tips ini, bisa dipraktekkan jika Anda bingung memilih buku!

Buatlah daftar pertanyaan. Misalnya, apa jenis buku yang Anda suka? Siapa penulis yang Anda suka? Penelitian buku oleh penulis yang pernah Anda baca di masa lalu. Apakah ada jenis buku tertentu yang belum dan ingin Anda baca? Hingga ke pertanyaan mengenai sebenarnya jenis buku apa yang Anda minati? Jangan lupa masukkan hobi anda ke dalam pencarian (kata kunci) di katalog perpustakaan. Jika perpustakaan yang Anda kunjungi belum dilengkapi fasilitas komputer untuk pencarian buku, jangan pernah ragu atau sungkan untuk bertanya kepada pustakawan atau penjual buku.

Jika sudah menemukan buku yang Anda nilai menarik, ambil dan baca bagian belakang buku atau penutup yang menjadi ringkasan buku tersebut. Kalau memang menarik perhatian, baca halaman pertama atau lebih. Jika masih menarik perhatian Anda, maka itu mungkin adalah buku yang baik untuk Anda. Ingat, judul mungkin menarik untuk Anda, tetapi gaya penulisan bisa menjadi kunci untuk menikmatinya.

Cara lainnya adalah, meminta seseorang untuk merekomendasikan buku yang bagus. Anda dapat meminta rekomendasi kepada saudara yang lebih tua, misalnya ayah, buku, saudara, sahabat, guru, atau siapa saja yang Anda nilai sering merekomendasikan buku-buku bagus. Akan lebih baik jika Anda mengenal beberapa pemilik toko buku kecil, karena biasanya toko buku kecil sering memiliki rekomendasi buku-buku yang luar biasa.

Bisa juga dengan membaca ulasan buku di surat kabar, majalah dan internet. Cari mengenai buku-buku terlaris dan cari tahu juga tentang buku-buku baru yang menjadi berita utama.  Atau, Anda juga bisa bergabung dengan klub buku. Menjadi anggota klub buku bukan hanya sekedar bertukar informasi mengenai buku-buku yang berkualitas, tetapi juga sebagai cara untuk  menumbuhkan motivasi membaca. (njep)


Kirim Print


Comments


Comment Reply

Nama
Email
Website
Comment
Captcha