ARTIKEL


Embracing Our Heritage

Event Kampus

Festival Paduan Suara (FPS) oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB

News Logo

Festival Paduan Suara (FPS), sebuah ajang dwitahunan yang diselenggarakan oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB, pada tahun ini memasuki kali ke- 23. Festival yang akan dilangsungkan pada 6 - 10 Juli 2012 tersebut mengangkat tema 'Embracing Our Heritage'. Pendaftaran untuk FPS XXIII ITB 2012 akan dimulai pada 26 Desember 2011 dan terbuka untuk paduan suara seluruh Indonesia. Kategori utama yang dilombakan dalam ajang ini berdasarkan strata pendidikan, yaitu SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi/ Umum.

"Tema tahun ini ingin mengangkat ciri khas PSM dan paduan suara daerah-daerah untuk mengangkat citra Indonesia pada akhirnya", ujar Lidwina Ayu Andarini, ketua pelaksana FPS XXIII ITB 2012. Festival yang bertepatan dengan Dies Emas PSM ITB tersebut menargetkan lebih dari 100 pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia pada tahun ini. Pada dasarnya, festival ini terbuka bagi seluruh paduan suara yang berdomisili di Indonesia. Namun, dengan adanya keterbatasan dalam penyediaan ruang dan waktu yang dimiliki, pihak penyelenggara memiliki kuota dalam tiap kategori. Apabila pendaftar melebihi kuota yang telah ditetapkan, maka akan diadakan babak seleksi rekaman di awal penjaringan peserta. Setelah babak tersebut, peserta harus mengikuti babak kualifikasi sebelum dapat mengikuti babak kompetisi di Bulan Juli 2012.


FPS ITB pertama kali diadakan pada tahun 1968. Selama lebih dari 40 tahun penyelenggaraan, festival ini telah mengalami sejarah panjang dan saat ini merupakan kompetisi paduan suara tingkat nasional yang terbesar di Indonesia, baik dari jumlah kategori maupun jumlah penonton. Hampir semua paduan suara Indonesia yang kemudian berprestasi di tingkat Internasional merupakan juara-juara FPS ITB, seperti PS UNPAR, Paragita UI, PS UNPAD, dan PS UK Maranatha. Dari tahun ke tahun, juri yang diundang dalam kompetisi tersebut tidak diragukan lagi profesionalitasnya dalam dunia paduan suara.

Pendaftaran FPS XXIII ITB 2012 akan ditutup pada 28 Februari 2012. Persyaratan dan informasi lebih lengkap mengenai festival ini dapat dilihat dalam website resmi FPS, yaitu www.fpsitb.com atau via email ke info@fpsitb.com. (njep)


Kirim Print


Comments


Comment Reply

Nama
Email
Website
Comment
Captcha