ARTIKEL


Seminar Eco City

Tips & Trick

Tips Mengurangi Efek Gas Rumah Kaca Dari Lingkungan Sekitar

News Logo

Pemanasan global telah memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan. Pemanasan global terjadi karena kurang pedulinya manusia terhadap lingkungan. Pemanasan global yang telah terjadi, dapat diantisipasi dengan tindakan yang cukup sederhana. Hal ini dapat dilakukan dengan memulainya dari rumah dan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.



Pemanasan global dapat dikurangi dengan melakukan beberapa kegiatan sederhana di rumah. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengurang efek gas rumah kaca adalah:
1. Tanamlah pohon sebanyak-banyaknya di rumah, sebab sebuah pohon mampu menghisap Co2 sepanjang hidupnya. Gunakanlah pagar tanaman hidup.
2. Matikan AC/TV/lampu dan alat-alat elektronik setiap kali selesai menggunakan. Bila dilakukan setiap hari, hal ini dapat menghemat ribuan kg Co2 setiap tahun.
3. Gantilah lima lampu yang paling sering digunakan dengan lampu hemat energi. Selain hemat tagihan listrik, juga dapat mencegah meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca.
4. Hemat-hematlah menggunakan air. Karena pompa air/pompa air panas membutuhkan energi listrik yang tinggi. Jangan biarkan kran air mengucur  saat menggosok gigi, dan jangan terlalu mudah mengguyur air di toilet.
5. Biasakan service AC secara rutin, gunakan alat-alat elektronik hemat energi dan yang telah berlabel NON CFC.
6. Tidak membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama, sehingga tidak membuang energi percuma dengan pemakaian listrik yang tidak perlu
7. Daur ulanglah kertas koran dan kaleng-kaleng  bekas dengan terlebih dahulu memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Selanjutnya sampah organik dapat dijadikan kompos
8. Belilah barang-barang daur ulang. Dengan cara ini kita telah ikut membantu mengurangi  polusi dari pabrik-pabrik.
9.  Biasakanlah untuk tidak membakar sampah di pekarangan rumah



Hal yang dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari untuk mengurangi efek gas rumah kaca adalah dengan melakukan:
1. Belilah produk-produk lokal untuk mengurangi transportasi
2. Budayakan gemar menanam pada warga
3. Penebangan pohon harus diikuti dengan penanaman kembali bibit pohon yang sama dalam jumlah yang lebih banyak
4. Membudayakan warga agar membawa tas belanja sendiri  (sebaiknya dari kain/bahan daur ulang) untuk menghindari  penggunaan pemakaian plastik
5. Biasakanlah menggunakan saputangan/lap daripada tisu sehingga  mengurangi pemakaian kayu
6. Jangan membuka lahan dengan membakar
7. Upayakan mendaur ulang limbah

Beberapa tips ini disampaikan oleh Staf Senior Deputi III: Pengendalian KErusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup, Gunardi pada Seminar Eco-city dan Pengelolaan Sampah di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok, pada hari Selasa 4 Oktober 2011.(Wishnu)


Kirim Print


Comments

Jean | 01/01/1970 07:00

I've no idea what the gear score corresponds to, I just remmeber while levelling up still being able to wipe with a full group in a TBC heroic (ok multiple fears, but they were dangerous), whereas I completedl the WotLK ones largely in blues, level 80 epi


Comment Reply

Nama
Email
Website
Comment
Captcha