ARTIKEL


Seminar Eco City

Tips & Trick

Tips Mengurangi Efek Gas Rumah Kaca Di Kantor dan Di Jalan

News Logo

Pemanasan global yang terjadi pada saat ini dapat dikurangi dengan melakukan beberapa kegiatan yang sederhana dan mempunyai dampak yang cukup besar dalam efek gas rumah kaca. Dalam mengurangi efek gas rumah kaca, tidak hanya dengan harus bertumpu dengan pemerintah. Kita dapat melakukan beberapa kegiatan yang dapat mengurangi efek rumah kaca yang dapat dilakukan pada saat kita berada di kantor, dan di jalan.


Hal yang dapat dilakukan saat kita berada di kantor dalam mengurangi efek gas rumah kaca:
1. Peralatan elektronik kantor walau dalam keadaan “idle atau stand-by”  tetap dialiri energi listrik. Oleh karena itu, biasakan mencabut kabel laptop/mematikan komputer saat istirahat. 
2.  Belilah produk-produk elektronik, mulai dari komputer, mesin foto copy, printer, AC, sampai lampu yang berlabel “hemat energi”. Dengan cara ini,  kantor Anda ikut meredam laju  kenaikan konsentrasi gas rumah kaca.  
3.  Untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghemat energi, doronglah para karyawan untuk menggunakan transportasi umum  atau kendaraan hemat energi, seperti sepeda atau menerapkan satu mobil lebih dari 2 penumpang atau cara-cara inovatif lainnya.
4.  Menggunakan kertas sehemat mungkin dengan memanfaatkan kertas bekas dan kedua halamannya bolak-balik



Banyak hal yang dapat dilakukan saat kita berada di jalan untuk mengurangi efek gas rumah kaca, diantaranya adalah:
1. Banyak faktor yang mempengaruhi  efisiensi bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan Anda. Untuk meningkatkan efisiensi BBM dan mengurangi emisi gas rumah kaca, jangan membuat mesin terus menyala saat kendaraan parkir.
2. Untuk jarak dekat, usahakan tidak menggunakan kendaraan bermotor. Sebaiknya berjalan kaki atau naik sepeda.  Jika tetap menggunakan kendaraan bermotor usahakan memenuhi kendaraan sesuai kapasitas penumpang.
3. Service kendaraan secara teratur untuk mencegah kebocoran, gunakan oli yang telah direkomendasikan. Pembakaran yang tidak sempurna dapat menghasilkan emisi dan meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca.
4. Periksa tekanan ban  secara teratur. Tekanan udara yang kurang pada ban  akan memberi beban pada mesin Anda. Tekanan yang akurat dapat mengurangi pemborosan  energi.  
5. Istirahatkan kendaraan Anda 2 hari seminggu, Anda telah membantu mengurangi ribuan kg emisi per tahun.
6. Untuk kendaraan dengan BBM Anda dapat mencampur dengan ethanol 80% untuk mengurangi gas emisi gas rumah kaca.

Beberapa tips ini disampaikan oleh Staf Senior Deputi III: Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup, Gunardi pada Seminar Eco-city dan Pengelolaan Sampah di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok, pada hari Selasa 4 Oktober 2011.(Wishnu)


Kirim Print


Comments

Sefa | 01/01/1970 07:00

If he does that, he's far dumber than I tghhout he was. I tghhout he was merely "naive" "misled" "Behind the eightball" regards Williamson, and that whole fiasco. If he didn't learn from his own youth that capitalism and a free market system provides bo

Arvind | 01/01/1970 07:00

Why do I need such a web site when I already have this futnciotaliny built into my operating system?Mac OS X as well as Windows let you access all unicode characters already. Even iOS gives you access to many special characters and you can even add an add

Ahmed | 01/01/1970 07:00

Grazie per condivedere con me qllueo che scrivete sul BLOG. Leggo tutto con molta attenzione e, non solo mi piace, ma mi aiuta ad avvicinarmi di piu' a Maria http://puepfmijmbt.com [url=http://tfllwmtzlzi.com]tfllwmtzlzi[/url] [link=http://xrlwipkjai.com]

Stephanie | 01/01/1970 07:00

5 killar tve4ttar bilen: jag, Gustav, Ludwig, Rasmus och Hugo.och 29 tjjeer. Tjejerna de4r imot blev kaffe-servitriser till magister Jansson.


Comment Reply

Nama
Email
Website
Comment
Captcha