ARTIKEL


Merry Riana

Tokoh

Penulis buku, miliarder dan Motivator wanita tersukses

News Logo

Sungguh prestasi luar biasa jika ada seseorang yang dulu terlahir dari keluarga biasa, kini menjadi seorang Pengusaha Miliarder, penulis Buku terlaris dan motivator Wanita No.1 di Indonesia & di Asia dalam usia yang tergolong muda, 30 tahunan. Merry Riana adalah orang yang luar biasa tersebut. Merry Riana lahir pada 29 Mei 1980 dari keluarga menengah biasa, keluarga yang bisa memberi Merry kecil kecukupan dalam hidupnya. Hal itu juga yang membuat Merry begitu bersyukur dan menyayangi keluarganya. Bahkan sampai hal pendidikan misalnya. Merry memilih untuk mengambil jurusan Electrical & Electronic Engineering (Teknik Elektro) di Nanyang Technological University (NTU) Singapura pada tahun 1998, sebuah jurusan yang biasanya akrab dengan laki-laki. Beliau memilih bidang teknik karena ada hubungannya dengan latar belakang keluarganya. "Papa, yang adalah seorang insinyur elektro, bekerja di bidang teknik. Begitu juga dengan om, tante, dan anggota keluarga yang lain. Melihat bagaimana papa bekerja mungkin mempengaruhi keputusan saya. Sejak saya masih kecil, ketika orang bertanya apa cita-cita saya ketika besar nanti, saya jawab ingin menjadi seperti papa, menjadi seorang Insinyur. Jadi, saya rasa, dibesarkan dalam keluarga yang demikian, mempengaruhi bidang yang saya pilih." jawab Merry kepada carikampus.com ketika ditanya mengenai alasan memilih berkuliah di jurusan teknik elektro.

Terdapat hal menarik mengenai pilihan Merry Riana yang memutuskan melanjutkan kuliah di Singapura. "Sebenarnya orangtua saya tidak berencana menyekolahkan saya ke luar negeri. Segera setelah selesai SMA, saya bersiap-siap melanjutkan kuliah di salah satu universitas di Jakarta. Pada hari ketika saya mengambil formulir pendaftaran di sebuah universitas, terjadilah kerusuhan Mei 1998." kenang Merry. "Karena alasan keamanan, orangtua saya merasa bahwa sangatlah penting dan mendesak bagi saya untuk segera pergi ke luar negeri dan kuliah di sana, atau paling tidak untuk mengungsi sementara dulu. Jadi, saya tidak mempunyai banyak pilihan selain meninggalkan Indonesia." lanjutnya.

(eksklusiv)

Ketika berkuliah, Merry mulai berpikir mengenai masa depan, menyadari umurnya yang hampir 20 tahun dan orang tuanya yang sudah berumur lebih dari 50 tahun. "Melihat bagaimana mereka masih harus bekerja keras untuk membiayai pendidikan anak-anaknya, menyimpan uang yang cukup untuk hari tua mereka, membuat saya berpikir. Jika saya sukses suatu hari nanti, saya ingin sukses ketika masih muda, sebelum ulang tahun ke-30, bukan ketika saya berumur 40-50 tahun. Dengan begitu, saya bisa mengajak orangtua saya menikmati makanan terbaik, bertamasya ke luar negeri, dan menjalani hidup sepenuhnya." kenangnya "Pada saat itu, saya sadar bahwa sangatlah penting bagi saya untuk mencapai keberhasilan saat saya masih muda." lanjut Merry. Pikirannya mengenai masa depan dan kehidupan orang tuanya pula yang menjadi motivator bagi Merry Riana sendiri untuk terus maju dan meraih sukses dan keberhasilan saat muda. Keberhasilan memotivasi diri sendiri ini pula yang nampaknya membantu dan membentuk Merry Riana sukses sebagai motivator wanita nomor satu di Indonesia saat ini.

Walaupun kini akhirnya lebih maju sebagai penulis buku dan motivator ternama, tak bisa dipungkiri bahwa kehidupan kampus dan pendidikan formal memiliki andil membentuk Merry riana menjadi sukses seperti sekarang. "Bagi saya, memiliki pendidikan formal adalah suatu keberuntungan. Meskipun bukan merupakan sesuatu keharusan untuk meraih sukses, pendidikan formal akan tetap menjadi suatu kelebihan bagi Anda dalam jangka panjangnya. Apa yang Anda pelajari mungkin tidak penting, tetapi waktu yang dilalui, proses yang ditempuh, dan pengalaman yang didapatkan melalui pendidikan formal tersebut akan mendukung anda di perjalanan sukses anda nantinya." ujar Merry Riana mengenai pendidikan formal (baca: kuliah), "Jadi, untuk anda semua yang masih sedang belajar, janganlah mengabaikan pendidikan anda. Selesaikan sekolah Anda dan hanyalah berkonsentrasi penuh pada perjalanan sukses anda setelah menyelesaikan pendidikan anda." pesan Merry Riana kepada pelajar yang saat ini sedang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah maupun sedang menjalani perkuliahan.


(eksklusiv)

"CariKampus.com adalah sebuah website populer yang sangat informatif dan bermanfaat, bukan hanya bagi para pelajar yang sedang mencari universitas yang paling cocok sebagai tempat melanjutkan kuliah, tapi juga bagi para sarjana dan eksekutif muda yang berniat untuk melanjutkan studi mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Kalau sampai hari ini anda masih belum pernah mengunjungi website cariKampus.com , saya tidak bisa membayangkan betapa banyaknya kesempatan emas yang mungkin sudah Anda lewatkan." pesan terakhir Merry Riana ketika ditanya mengenai penilaian dan pendapat pribadi Merry mengenai carikampus.com. (Njep)


Kirim Print


Comments

READILKHA | 01/01/1970 07:00

sgt bermanfaat, smoga q juga bisa jadi motivator sukse di usia muda.amin


Comment Reply

Nama
Email
Website
Comment
Captcha