ARTIKEL


Rheza Gunawan Budiono

Pakar

Kriteria Mendiknas Ideal

News Logo

Masa kerja para menteri Presiden SBY angkatan 2004 – 2009 sebentar lagi selesai, sudah saatnya bagi kita untuk berpikir siapa yang dapat melakukan suatu perubahan bagi kehidupan rakyat Indonesia. Diharapkan siapa yang terpilih dapat bekerja sebaik-baiknya demi kelangsungan bangsa Indonesia.

Untuk meningkatkan bangsa dalam segi pendidikan, ada baiknya bagi kita untuk mencari tahu siapa yang akan ditaruh dalam posisi Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) dimana sering kita lihat bahwa posisi Mendiknas ini seringkali hanya dihibahkan kepada partai – partai pendukung Kabinet SBY, akibatnya kadang hal ini bisa berdampak buruk dengan kemajuan pendidikan bangsa Indonesia.

Membaca salah satu wawancara Kompas dengan Guru Besar UNJ, Professor H.A.R Tilaar, Prof. Tilaar mengemukakan ada beberapa kriteria penting yang harus dimiliki oleh Mendiknas dimana yang pertama adalah harus seorang nasional yang paham betul berbagai hal yang diamanatkan oleh UUD 1945.

Kriteria kedua adalah Mendiknas harus mempunyai visi yang jauh kedepan dimana bisa membawa dampak pada masa depan pula. Selanjutnya, visi tersebut harus terus sesuai dengan kebudayaan yang bersifat nasionalis.

Mungkin dari tiga buah kriteria tersebut bersifat standard, namun ada satu buah pernyataan lagi yang sangat saya sukai dimana kata – katanya mengatakan seperti ini “Seorang Mendiknas harus bertindak sebagai seorang manajer bukan birokrat, agar memberikan kesempatan kepada bawah – bawahnya untuk menyatakan pendapat ataupun memberi saran mengenai pendidikan”

Dengan mendiknas yang mengutamakan sistem manajerial dapat memungkinkan seseorang tidak hanya dilihat dari umur dan experiencednya saja, tapi bila memang skill dan kemampuannya mencukupi tidak ada salahnya bila orang tersebut berada di posisi atas. Dengan sistem ini diharapkan juga bahwa mereka – mereka bisa meningkatkan taraf pendidikan Indonesia untuk bersaing dengan bangsa – bangsa lain.

Semoga dengan adanya Wakil Presiden Boediono yang memiliki visi modern, dapat meningkatkan pendidikan bangsa Indonesia dengan mengutamakan memilih Mendiknas yang cocok dan sesuai dengan perilaku bangsa Indonesia sehingga pendidikan Indonesia dapat berkompetisi dengan bangsa lain.

Rheza Gunawan Budiono


Kirim Print


Comments


Comment Reply

Nama
Email
Website
Comment
Captcha