Institut Teknologi Indonesia

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Institut Teknologi Indonesia
Akronim : ITI
Tahun Berdiri : 1984

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Banten
Kota Tanggerang
Alamat Universitas Jl. Raya Puspiptek
Serpong, Tangerang
Banten 15320
Telepon / Fax: (62) 021 7561102
Kode Pos 15320
Telp 7561102
Fax 7561102
Email pmb@iti.ac.id
Website http://www.iti.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Jumlah Pengajar 125

PENGETAHUAN

Deskripsi nstitut Teknologi Indonesia (ITI) didirikan pada Tahun 1983  oleh Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) dibawah pimpinan Prof.Dr. Ing. B.J. Habibie selaku Ketua Dewan Pembina YPTI dan Menteri Ristek pada waktu itu, atas dasar gagasan Persatuan Insinyur Indonesia ( PII ) pada Kongres PII di Palembang tahun 1983 untuk meningkatkan jumlah tenaga insinyur di Indonesia.

Dasar pendirian ITI bertitik tolak  pada pemikiran bahwa ”Teknologi adalah milik semua Bangsa” dan bahwa Sumber Daya Manusia , tenaga ahli yang profesional adalah mutlak diperlukan dan mendesak untuk mengejar ketinggalan dari bangsa lain yang telah maju. 

Menyadari akan kebutuhan Sarjana Teknik yang diperlukan dalam Pembangunan Nasional serta keterbatasan Lembaga Perguruan Tinggi dalam meng hasilkan Sarjana Teknik pada waktu itu, YPTI didukung penuh oleh PII mendirikan ITI untuk membantu mengisi kekurangan tenaga Sarjana Teknik tersebut.

Institut Teknologi Indonesia ditetapkan pendiriannya melalui Surat Keputusan Yayasan No. 01/Kept-YPTI/84 Tanggal 02 Juni 1984 dan telah memulai kegiatan perkuliahannya tanggal 01 Oktober 1984. Tanggal 1 oktober dijadikan sebagai hari jadi ITI.

Dalam perkembangannya dan menyikapi perubahan serta keinginan untuk tetap eksis, maka pada tahun 2006 dilakukan penguatan pengelolaan melalui pembaharuan Struktur Organisasi Yayasan sesuai Akte Notaris yang ditanda tangani Faisal Abu Yusuf SH Nomor 11 tanggal 14 Desember Tahun 2006.

Pada saat ini YPTI dipimpin oleh Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie sebagai Ketua Pembina dan Ir. Aburizal Bakrie sebagai Ketua Harian Pembina

Visi TI sebagai perguruan tinggi enterpreneur berbasis teknologi (Technology Based Entrepreneur University) yang bermartabat, terkemuka, unggul, kreatif, dan mampu mengembangkan kepeloporan dalam bidangnya, menjadi solusi atas berbagai persoalan bangsa dan memperoleh pengakuan secara nasional  dan internasional.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana dan tenaga ahli di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang :
    • Berakhlak tinggi, berkarakter luhur, serta berjiwa entrepreneur yang tangguh;

    • Memiliki kemampuan intelektualitas, penguasaan keilmuan dan keahlian yang tinggi, serta berpotensi untuk berkembang,
    • Memeiliki kreativitas dan daya inovasi yang tinggi ;

    • Memiliki kematangan emosional yang dicirikan oleh kepercayaan diri yang baik, kemandirian, kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama, menghargai perbedaan pendapat, serta mempunyai kepekaan sosial dan dapat dipercaya
    • Berwawasan global, peka terhadap kondisi lokal, serta mempunyai kemauan membangun negara dan menjaga keutuhan bangsa,

    • Memiliki jasmani dan rohani sehat.
  2. Melakukan penelitian yang bermutu tinggi, terutama penelitian yang bersifat terapan guna memberikan nilai tambah secara nyata terhadap kualitas kehidupan bangsa dan umat manusia.
  3. Melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesejahteraan dan kemartabatan masyarakat, bangsa dan negara melalui upaya kerjasama dan kelembagaan dan/atau perorangan dengan berbagai pihak berdasarkan azas kesetaraan dan manfaat bersama.
  4. Melakukan upaya pemebentukan nilai secara terus menerus melalui pembinaan kelembagaan dan tata kerja yang berorientasi pada pengembangan potensi dan penguatan integritas insani.
  5. Mengembangkan bisnis berbasis intelektualitas secara profesional dengan berpegang teguh pada etika akademik dalam rangka menjamin keberlangsungan peningkatan kualitas kehidupan melalui peningkatan taraf ekonomi dan kesejahteraan secara berkelanjutan

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Indonesia
Jumlah Mahasiswa 2004: 2300
Fasilitas Kampus ruang seminar, 4 studio gambar, lapangan olahraga (basket, voli, sepak bola, tenis, tenis meja), wartel, warnet, Bank BRI, Puskesmas
Jumlah Buku Perpustakaan 100.000
Kepemilikian Kampus Yayasan

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Teknik Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Elektro Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Mesin Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Industri Akreditasi :
Nama Jurusan Kimia Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Sipil Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Arsitektur Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Perencanaan Tata Letak Kota Akreditasi :
Nama Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Informatika Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Otomotif Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Makatronika Akreditasi :
Akademi :     Diploma : 1     Sarjana : 1     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Register Contact Details

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar