Biologi - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Biologi
Alamat Sekretariat : Jl. Teknika Selatan, Sekip Utara Yogyakarta, 55281
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 580839    Telp2 :
Fax : (0274) 580839    Fax2 :
Email : biologi-ugm@ugm.ac.id
Website : http://www.biologi.ugm.ac.id
Nama Dekan : Dr. Retno Peni Sancayaningsih, M.Sc.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Dari awal berdiri hingga tahun 1979, Fakultas Biologi menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana muda (B.Sc.) yang dapat ditempuh selama tiga tahun, kemudian dilanjutkan ke tingkat sarjana (Drs.) yang dapat ditempuh selama dua tahun. Sejak tahun 1980, pendidikan tingkat sarjana muda dan sarjana diganti dengan program sarjana strata 1 (S1) dengan sistem kredit semester dan dapat diselesaikan dalam waktu empat tahun.

Antara tahun akademik 1983/1984 hingga 1994/1995, Fakultas Biologi UGM menyelenggarakan tiga program studi, yaitu Program Studi Botani, Program Sudi Zoologi, dan Program Studi Lingkungan berdasarkan SK Mentri P&K no. 0553/0/1983 tertanggal 8 Desember 1983. Setelah tahun akademik 1994/1995, hanya satu program studi, yaitu Program Studi Biologi, yang diselenggarakan berdasarkan SK Mendikbud no. 056/U/1994 tertanggal 19 Maret 1994 dan SK Mendikbud no. 0219/U/1995 tertanggal 25 Juli 1995.

Visi Fakultas Biologi UGM menjadi Fakultas yang unggul, sebagai pusat pendidikan, pengembangan penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang Biologi yang berdasarkan Pancasila dan berorientasi pada kepentingan bangsa.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, berbasis penelitian di bidang Biologi dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan kehidupan bangsa serta memelihara integritas nasional.
  2. Melayani pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Biologi untuk program studi di dalam dan di luar UGM.
  3. Menghasilkan lulusan yang bermoral, tangguh, berjiwa pemimpin, dan unggil berdasarkan jatidiri bangsa.
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian berkualitas di bidang Biologi, pada berbagai peran kunci dalam ilmu hayati, serta Biosistematika, Biologi Fungsi dan Perkembangan, Biologi Molekular, dan Biologi Lingkungan serta berorientasi pada produk yang kompetitif.
  5. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui penerapan ilmu Biologi yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan keunggulan industri.
  6. Menjalin kerjasama dengan institusi lain dan industri di dalam dan luar negeri.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Fakultas Laboratorium:
  1. Laboratorium Biokimia

  2. Laboratorium Biologi Radiasi

  3. Laboratorium Ekologi

  4. Laboratorium Genetika

  5. Laboratorium Mikrobiologi

  6. Laboratorium Anatomi Tumbuhan

  7. Laboratorium Embriologi dan Mikroteknik Tumbuhan

  8. Laboratorium Fisiologi Tumbuhan

  9. Laboratorium Kultur Jaringan Tumbuhan

  10. Laboratorium Taksonomi Tumbuhan

  11. Laboratorium Anatomi Hewan

  12. Laboratorium Entomologi

  13. Laboratorium Fisiologi Hewan

  14. Laboratorium Histologi dan Embriologi Hewan

  15. Laboratorium Prasitologi

  16. Laboratorium Taksonomi Hewan


Fasilitas Lain:

Museum Biologi

dirintis sejak terbentuknya Museum Zooligicum pada tahun 1964, yang menempati salah satu ruang di Sekip, Sleman, DIY, di dalam Kampus UGM, yang dipimpin oleh Prof. drg. R.G. Indrojono dan koleksi herbarium yang menempati sebagian gedung di Jalan Sultan Agung 22 Yogyakarta, yang dipimpin oleh Prof. Ir. Moeso Suryowinoto.

Pengelolaan keduanya ditangani oleh Fakultas Biologi, yang pada waktu itu bertempat di nDalem Mangkubumen, Ngasem, Yogyakarta, yang lebih dikenal dengan nama fakultas-fakultas "Kompleks Ngasem". Koleksi hewan dan tumbuhan pada waktu itu berasal dari Seksi Zoologi dan Anatomi Fakultas Kedokteran UGM, dan Seksi Botani Fakultas Pertanian UGM.

Atas prakarsa Dekan Fakultas Biologi, yang pada waktu itu dijabat oleh Ir. Soerjo Sodo Adisewoyo, pada tanggal 20 September 1969, yaitu pada penringatan Dies Natalis Fakultas Biologi, Museum Biologi diresmikan. Museum tersebut merupakan penggabungan dari koleksi Museum Zoologicum dan Herbarium, dengan menempatigedung di Jalan Sultan Agung 22 Yogyakarta. Museum Biologi memiliki koleksi spesimen hewan dan tumbuhan dalam bentuk awetan kering, awetan basah, serta fosil, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa dari luar negeri. Koleksi museum tersebut digunakan sebagai sarana studi dosen, mahasiswa, pelajar, dan umum.

 


Kebun Biologi


memiliki luas kurang lebih 0,5 Ha, dengan koleksi tumbuhan dari berbagai daerah, antara lain meranti (Shorea zeylanica, S. japonica), nagasari (Mesua ferrea), sterkulia (Sterculia foetida), dan randu alas berbungan kuning (Salamalia malabarica) serta berbagai jenis palem. Selain untuk koleksi berbagai spesies tumbuhan, Kebun Biologi berfungsi sebagai kebun percobaan, untuk penelitian dosen dan mahasiswa serta terbuka untuk umum.


Perpustakaan

Perpustakaan Fakultas Biologi UGM mengkoleksi buku teks, jurnal ilmiah internasional, jurnal ilmiah nasional, buletin/majalah ilmiah, dan naskah desertasi/tesis/skripsi/seminar, yang berjumlah 7650 judul, termasuk 1430 buku baru (data tahun 2007).

Dalam 5 tahun terakhir (2002 - 2007), dana pembelian buku baru tersebut diperoleh dari proyek QUE. Selain itu juga tersedia CD-ROM sebanyak 183 judul dan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi, yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran.

Program Studi

Nama Jurusan Biologi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :