Sosial Politik - Universitas Negeri Jakarta

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Negeri Jakarta
Nama Fakultas : Ilmu Sosial
Alamat Sekretariat : Gedung K. Lantai II Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Jl. Rawamangun Muka Rawamangun, Jakarta Timur
Kode Pos : 13220
Telp : 021 4890108    Telp2 :
Nama Kepala Program Studi : Drs. Sarkadi, M.Si.
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 358
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 452

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Akreditasi Program Studi

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah diakreditasi dengan nilai “A” (Baik Sekali) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 06664/AK-VIII-S1-027/IKJRBK/VII/2004.

Gelar Lulusan

Setelah berhasil mengikuti dan menyelesaikan studi S1 pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Sosial Politik Fakultas Ilmu Sosial UNJ, mereka berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Tujuan Pendidikan

Program studi PPKN bertujuan untuk:
Menghasilkan tenaga kependidikan (guru) strata satu (S1) dalam bidang pendidikan kewarganegaraan dan tata negara untuk pendidikan dasar dan pendidikan menengah, baik umum maupun kejuruan.
Menghasilkan  tenaga ahli dalam bidang pendidikan kewarganegaraan dan tata negara, demokrasi, serta hak asasi manusia.
Menghasilkan tenaga peneliti dan pengembang dalam bidang pendidikan kewarganegaraan dan tata negera, demokrasi, dan hak asasi manusia.

Kompetensi Lulusan

Program studi PPKN diarahkan pada usaha untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut:

1. Kompetensi personal, yakni:
Memiliki integritas moral dan religiusitas yang tinggi,
Memiliki kepribadian yang mantap,
Memiliki keyakinan akan kebenaran Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara

2. Kompetensi akademik (keilmuan)
Menguasai ilmu bidang pokok, yakni politik, hukum, dan kewarganegaraan
Memiliki wawasan luas yang berkaitan dengan bidang pokok, seperti sosiologi, antropologi, psikologi, dan ilmu pengetahuan lain yang relevan.

3. Kompetensi profesional (mendidik dan mengajar):
Mampu merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran kewarganegaraan dalam berbagai jenjang pendidikan.
Menguasai  berbagai metode pembelajaran dalam rangka pengembangan pembelajaran kewarganegaraan yang efektif.
Mampu mengelola kelas secara efektif.
Mampu memilih dan menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran kewarganegaraan.
Mampu melakukan penelitian dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian dalam rangka pengembangan pembelajaran kewarganegaraan.
Mampu memberikan bimbingan dan layanan belajar kepada siswa dalam rangka peningkatan hasil pembelajaran kewarganegaraan
Mampu melaksanakan administrasi pembelajaran dan atau adminsitrasi kelas.

4. Kompetensi sosial
Mampu melakukan hubungan sosial yang baik dengan lingkungan sosialnya dalam rangka pelaksanaan dan pengembangan profesinya.
Memiliki kepemimpinan yang andal dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas kependidikan di sekolah dan tugas-tugas kemasyarakatan.

Visi

Program Studi PPKn memiliki visi menjadi program studi unggulan dalam pengembangan kewarganegaraan, demokrasi, hak asasi manusia, dan wawasan kebangsaan yang berlandaskan religiusitas, serta menghasilakn lulusan (tenaga kependidikan) yang berkualitas, profesional, dan berdaya saing tinggi.

Misi

Misi Program Studi:

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu sosial, politik, hukum dan pendidikan kewarganegaraan yang mendukung pengembangan demokrasi, komitmen kebangsaan, dan religiusitas melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
  2. Menghasilkan tenaga kependidikan kewarganegaraan dan tata negara yang berkualitas, profesional, dan memiliki integritas serta daya saing tinggi.
  3. Mengembangkan budaya akademik pada sivitas akademik sehingga kondusif bagi penyelenggaraan proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga internal dan eksternal UNJ dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga akademik, kemahasiswaan, dan kualitas akademik melalui kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama bidang lainnya yang saling menguntungkan.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia